Jadi Pembicara Nasional, Azikin Solthan Bahas Pemerataan Distribusi ASN

Jakarta, PANRITA.News – Anggota Komisi II DPR RI, Dr. Azikin Solthan menjadi pembicara dalam Seminar Nasional yang digelar Pusat Pengkajian Administrasi Lembaga Administrasi Negara di Jakarta, Rabu, (21/11/2018).

Dalam seminar itu, Azikin Solthan banyak mengkaji isi redistribusi ASN di Indonesia. Legislator Gerindra perwakilan Dapil Sulsel I ini menyebut distribusi ASN harus dilakukan secara merata. Tujuannya agar tidak ada kesenjangan yang terjadi di setiap daerah di Indonesia.

Dia mengakui, masih ada beberapa daerah yang masih sulit mendapatkan pelayanan dari aparatur negara. Oleh karena itu, pemerintah memang selayaknya membahas Redistribusi ASN demi menunjang maksimalnya pelayanan pemerintahan.

“Agar tidak ada kesenjangan pelayanan antra pemerintah di pusat kota, di desa maupun di pelosok,” jelasnya.

Menurut Azikin, hal paling penting yang perlu mendapat perhatian pemerintah adalah distribusi ASN di batas-batas wilayah Indonesia. Dia menyebut, pelayanan ASN di daerah ini harus maksimal karena ASN asalah ujung tombak pemerintahan.

“Mereka adalah ujung tombak dalam wilayah-wilayah NKRI,” jelas dia.

Selain itu, kata dia, ASN di perbatasan daerah juga penting untuk mendorong percepatan pembangunan. Hingga akhirnya, ASN di perbatasan ini bisa menjadikan daerah perbatasan selaras dengan wilayah yang ada di pusat.

“Memang sudah perlu untuk merancang percepatan pembangunan dari batas wilayah ini,” jelas legislator Gerindra ini.

Dalam kesempatan itu, Azikin Solthan menjadi pembicara dengan didampingi sejumlah pembicara lainnya. Mereka di antaranya adalah Haris Faozan, kepala pusat Kajian Reformasi Administrasi LAN, Deputi Bidang SDM Aparatur KemenpanRB, Setiawan Wangsaatmaja, Komisioner KASN, I Made Suwandi, dan Direktur Aparatur Negara Bappenas, Velix Vernando Wanggai.

Tinggalkan Komentar