Begini Makna Maulid Nabi Muhammad Menurut Syahruni Haris

Makassar, PANRITA.News – Hari ini, Selasa 20 November 2018 atau 10 Rabi’ul Awwal 1440 Hijriah menjadi momen paling penting bagi ummat muslim di seluruh dunia lantaran diperingatinya Maulid Nabi Muhammad SAW.

Banyak makna dan hikmah pada peringatan Maulid Nabi Muhammad kali ini, tak terkecuali bagi Syahruni Haris, politisi senior Partai Gerindra Sulsel.

Dirinya mengatakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini memiliki makna mendalam bagi umat Islam. Syahruni menilai Maulid menjadi wujud mengenal perjuangan dan keteladanan hidup Nabi Muhammad.

“12 rabiul awwal atau beretepatan dengan 20 November 2018 kita memperingati hari lahirnya pemimpin besar Nabi Muhammad SAW, publik figur yang menjadi panutan dan suri tauladan bagi kita ummat muslim,” ujar Syahruni.

Ketua DPC Partai Gerindra Bulukumba ini juga menjelaskan, dalam Alquran surah al-Ahzab ayat 21 telah menerangkan, betapa pada diri Nabi Muhammad SAW terdapat suri tauladan yang baik dan dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW mengungkapkan misi utamanya.

“Sesungguhnya aku (Nabi SAW) diutus semata-mata untuk menyempurnakan akhlak yang mulia. Jelas, untuk menjadi umatnya yang ideal, tidak cukup mengamalkan rukun iman dan rukun islam, tetapi juga haruslah berakhlak baik,” tambah Syahruni menjelaskan hadits.

Selain itu, mantan ketua KPU Bulukumba ini mengatakan, pada momentum Maulid Nabi ini saatnya bagi tiap muslim mengambil peran, untuk menyerap budi pekerti Rasulullah dan membumikan Akhlakul Karimah Nabi dalam kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat.

“Peringatan Maulid itu bukan tentang seremonial semata, tapi mewujudkan dan meneladani serta membumikan budi pekerti ahlakul karimah Nabi Muhammad SAW, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Siddik, Amanah, tablik dan Fatanah, itulah 4 karakter Rasulullah yang semoga dapat kita teladani,” jelas Syahruni.

Bertepatan sebentar lagi pesta demokrasi bergengsi 5 tahunan yakni Pilpres dan Pileg akan berlangsung, mantan ketua KPU Bulukumba ini juga berpesan kepada seluruh jajaran dan lapisan masyarakat untuk tetap menjaga kebersamaan, keharmonisan dan kekompakan demi melahirkan pemimpin negara dan wakil rakyat yang amanah dan diridhai.

“Dimomentum ini semoga kita tetap menjaga keharmonisan dan kebersamaan dengan masyarakat. Soal beda pilihan dan pandangan politik itu hal biasa, jangan kita cederai dengan perpecahan dan saling menjatuhkan,” harap Syahruni.

Untuk diketahui, saat ini, Syahruni Haris juga terdaftar sebagai calon legislatif (Caleg) partai Gerindra nomer urut 1 pada daerah pemilihan lima (Dapil V) Sulsel yang meliputi Bulukumba-Sinjai. Ia mengusung visi-misi mengawal aspirasi merata bagi dua kabupaten itu jika kelak diberi amanah oleh masyarakat.

Tinggalkan Komentar