LSI Denny JA: 51,7% Pemilih Lebih Mendengarkan Himbauan Ulama

Jakarta, PANRITA.News – Temuan terbaru dirilis Lembaga Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA berdasarkan hasil survei nasional November 2018. Survey tersebut terkait Ulama dan Efek Elektoralnya.

Adapun survei dilakukan 10-19 Oktober 2018. Hasil menyebutkan, bahwa tokoh agama adalah orang yang paling kuat pengaruhnya terhadap pemilih. Sebesar 51,7% pemilih menyatakan bahwa mereka mendengar imbauan dari tokoh agama seperti ulama, pastor, pendeta, dan biksu.

Peneliti LSI, Ikarama menyebutkan bahwa tokoh agama, khususnya Ulama memiliki pengaruh paling besar dari pada tokoh masyarakat lainnya.

“Tokoh yang lainnya hanya di bawah 20%. Mereka yang menyatakan mendengar imbauan politisi 11,0%, dan imbauan atau pendapat pengamat hanya 4,5%,” katanya di Kantor LSI, Jakarta Timur, Rabu (14/11/2018).

Menurut temuan survei itu, pengaruh tokoh agama paling merata di semua segmen pemilih. Baik mereka yang berpendidikan tinggi maupun rendah.

“Baik di mereka yang berpendapatan tinggi maupun wong cilik, mereka yang merupakan pemilih milenial maupun pemilih lansia, semua segmen pemilih partai dan capres,” jelasnya.

Terdapat lima ulama yang paling didengar imbauannya oleh masyarakat, yakni Ustaz Abdul Somad, Ustaz Arifin Ilham, Ustaz Yusuf Mansur, AA Gym dan Rizieq Syihab.

LSI Denny JA melakukan survei nasional di 34 Provinsi dengan melibatkan 1.200 responden dengan margin of error sebesar 2,8%. Wawancara dilakukan secara tatap muka menggunakan kuesioner terhadap responden yang terpilih melalui metode multistage random sampling.

Tinggalkan Komentar