Sambut Hari Disabilitas, Begini Persiapan PSBD Wijaya Makassar

Makassar, PANRITA.News – Panti Sosial Bina Daksa (PSBD) Wirajaya Makassar akan menyambut Hari Disabilitas Internasional (HDI) yang diperingati 3 Desember tiap tahunnya. Kegiatan akan dilaksanakan dengan  menampilkan karya terbaik dari para penyandang disabilitas fisik yang selama ini menjadi penerima manfaat dari binaan PSBD Wirajaya.

Hal itu diungkapkan oleh Plt. Kepala PSBD Wirajaya, Syaiful Samad disela-sela rapat persiapan panitia HDI, berlangsung di Aula pertemuan PSBD Wirajaya, Selasa, (13/11/2018).

Syaiful menyampaikan bahwa ada ratusan penyandang disabilitas penerima manfaat di PSBD Wirajaya yang akan menampilkan hasil karyanya melalui kegiatan Pameran Produk hasil karya penyandang Disabilitas.

Selain itu, akan ditampilkan pula gelar karya atau demonstrasi produk dari penyandang Disabilitas. Rencananya menurut Sayaiful, tahun ini perayaan HDI akan dirangkaikan dengan beberapa kegiatan.

Selain pameran, akan digelar pula kegiatan Bakti sosial (Baksos). Baksos ini menurut Syaiful adalah pemberian bantuan secara simbolis berupa peralatan atau alat bantu, baik itu kursi roda, tongkat, kaki palsu dan juga tangan palsu.

Dalam kegiatan Baksos ini juga, menurut Syaiful, akan diberikan bantuan usaha ekonomi produktif secara simbolis kepada penyandang disabilitas, serta pelaksanaan donor darah.

Syaiful menambahkan, untuk lebih menyemarakkan pelaksanaan HDI, panitia juga berencana mempersiapkan kegiatan Pertandingan Olahraga dan Seni (Porseni) yang melibatkan siswa siswi sekolah yang berada disekitar kantor PSBD Wirajaya.

“Jadi nanti bekalan ada pertandingan olahraga dan seni yang melibatkan masyarakat (siswa) dari luar”, ungkap Syaiful.

Lebih jauh, Syaiful memaparkan bahwa perayaan HDI akan dilaksanakan pada akhir November. Pada kegiatan itu juga akan dilakukan Fokus Group Discussion (FGD).

“Tentu dalam FGD nantinya, akan dilibatkan para pihak terkait, guna membahas langkah-langkah serta formulasi yang tepat dalam rangka pemberian layanan rehabilitasi sosial bagi penyandang disabilitas  yang lebih baik dan lebih optimal dimasa-masa yang akan datang” ungkap Syaiful.

Olehnya itu, ia berharap semua pihak yang peduli terhadap penyandang disabilitas ini dapat berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

“Kami memberikan kesempatan dan ruang yang terbuka kepada siapa saja, baik secara kelembagaan maupun secara personal untuk berpartisipasi memberikan bantuan baik secara langsung maupun melalui dukungan moril guna mensukseskan pelaksanaan kegiatan HDI” tambahnya.

“Tentu Bantuan dan dukungannya menjadi ukuran kepekaan dan kepedulian sosial kita terhadap sesama, khususnya bagi penyandang disabilitas” sambung Syaiful. .

Untuk diketahui, PSBD Wirajaya Makassar adalah lembaga dibawah naungan kementerian Sosial RI.

Tinggalkan Komentar