iPhone 5 Resmi Jadi Barang Kuno Apple

Makassar, PANRITA.NewsiPhone 5 sudah resmi menjadi barang kuno. Apple telah memasukkan perangkatnya itu pada laman “Vintage and obsolete products” di situs resminya.

Kini, iPhone 5 sudah berstatus vintage di Amerika Serikat dan obsolete di seluruh dunia, kecuali di Negeri Paman Sam. Lantas, apa artinya itu?

Status vintage diberikan oleh Apple kepada produk yang sudah tidak diproduksi lagi selama lebih dari lima tahun, tapi tidak sampai tujuh tahun. Apple sudah tidak melayani layanan perbaikan untuk perangkat yang masuk ke kategori ini.

Walau begitu, perusahaan pimpinan Tim Cook itu masih memberikan pengecualian. Bagi produk Mac yang dibeli di Turki, Apple masih melayani jasa perbaikan di negara tempat perangkat tersebut dibeli.

Pengecualian yang sama juga diberlakukan bagi perangkat yang dibeli di California, Amerika Serikat. Bedanya, di daerah ini memberlakukan pengecualian ini untuk seluruh perangkat Apple.

Sedangkan status obsolete diberikan kepada produk yang sudah tidak diproduksi lagi selama lebih dari tujuh tahun. Untuk yang satu ini, Apple sudah benar-benar tidak melayani jasa perbaikan tanpa pengecualian apa pun. Produk-produk yang sudah masuk kategori vintage biasanya akan menjadi obsolete.

Nah, itu berarti, kalau kamu memiliki iPhone 5 yang dibeli di luar Turki dan California, AS, maka ponsel itu sudah tamat riwayatnya. Untuk membetulkannya, jika memang masih perlu, butuh dukungan dari pihak ketiga.

Keputusan Apple untuk memasukkan iPhone 5 ke kategori produk kunonya tentu tak mengherankan. Ponsel ini dirilis pada September 2012, lebih dari enam tahun yang lalu. Ia pun sekaligus mengikuti jejak iPhone 3GS (8GB) dan iPhone 4 CDMA (8GB) yang berstatus vintage di AS namun obsolete di belahan Bumi lainnya.

Dilansir Detikinet, berikut adalah rangkaian seri iPhone yang sudah berstatus obsolete di seluruh dunia:

– iPhone
– iPhone 3G (China) 8GB
– iPhone 3G 8GB, 16GB
– iPhone 3GS (China) 16GB, 32GB
– iPhone 3GS 16GB, 32GB
– iPhone 4 CDMA
– iPhone 4 16GB, 32GB

Tinggalkan Komentar