Lagi! Jokowi Sebut Susi Galak

Jakarta, PANRITA.News – Di hadapan peserta Kongres Wanita Katolik Republik Indonesia, Jokowi menyinggung jumlah perempuan dalam kebinetnya. Ia mengungkapakan bahwa semula ada sembilan menteri perempuan. Namun kini berkurang satu yakni saat Khofifah Indar Parawansa mencalonkan diri sebagai Gubernur Jawa Timur.

“Pemerintahan di bawah kepemimpinan saya. Dulunya ada 9 (menteri) perempuan, kemudian mundur satu menjadi gubernur Jawa Timur, sekarang masih ada 8. Biasanya di kabinet kita hanya 3/4 perempuan yang jadi menteri,” ujar Jokowi dalam detik.com, Selasa (30/10/2018).

Pada kesempatan yang sama, Jokowi menampilkan ke-8 menteri perempuan di kabinetnya dalam layar besar. Dia menyebut ada sosok menteri yang lembut hingga galak.

“Ada yang halus, seperti Bu Yohanna ini halus, Bu Nila Moeloek halus. Tapi ada yang galak juga, Bu Susi,” sebut Jokowi yang disambut tawa peserta kongres.

Terkhusus saat nama Menteri Kelautan dan Perikanan itu disebut, Jokowi secara khusus menampilkan beberapa kolase meme. Ada ketika Susi memakai kacamata dan bertuliskan ‘Blow Da’ship’ hingga ketika Susi disebut ‘Bomber Mom’.

“Ini paling galak ini. Kenapa banyak perempuan di kabinet, karena saya yakin kehebatan perempuan, saya menyakini kehebatan perempuan,” ujarnya.

Di kesempatan lain, Presiden Jokowi juga sempat menyebut Susi galak. Sebut saja ketika Jokowi membuka acara Temu Nasional Seribu Organisasi Perempuan Indonesia di Yogyakarta pada Jumat (14/9/2018) silam.

Agenda tersebut diunggah di akun Instagram @jokowi pada Sabtu (15/9/2018).

View this post on Instagram

Sejak berdirinya, Indonesia sudah memiliki banyak sekali perempuan yang menjadi inspirasi bangsa, tokoh-tokoh perempuan yang diabadikan dalam sejarah: dari Laksamana Malahayati, Dewi Sartika, Ibu Kartini, Christina Martha Tiahahu, dan banyak lagi. Sekarang pun begitu. Kita juga punya tokoh seperti Ibu Sinta Nuriyah, tokoh pejuang toleransi nasional. Membuka acara Temu Nasional Seribu Organisasi Perempuan Indonesia di Yogyakarta, kemarin, saya menyampaikan bahwa ada delapan menteri perempuan di Kabinet Kerja sekarang. Ada yang lemah lembut seperti Bu Yohana Yembise dan Nila Moeloek, ada juga yang aktif dan galak seperti Bu Susi Pudjiastuti. 😀 Di Asian Games 2018 lalu, dari 31 medali emas Indonesia, sebanyak 12 medali disumbangkan oleh para atlet perempuan. Kita punya spider women pemanjat tebing Aries Susanti dan Puji Lestari, ratu wushu Asia Lindswell Kwok, dan lain-lain. Dan nanti di Asian Para Games 2018, kita menunggu kiprah pelari Nanda Mei Solihah, atlet angkat besi Ni Nengah Widiasih, atlet tolak peluru Suparni Yati, atau perenang Laura Dinda, dan banyak lagi. Kepada perempuan-perempuan Indonesia, jadilah Ibu Bangsa. Yang mendidik anak-anak sebagai penerus masa depan bangsa, yang memperbaiki mentalitas bangsa, yang menjaga moral keluarga, yang menjaga alam untuk cucunya, serta yang menggerakkan ekonomi keluarga untuk masyarakat.

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

 

Tinggalkan Komentar