Kalahkan Rekor Rossi, 8 Fakta Menarik Marquez Juara Dunia ke-7 MotoGP

Marc Marquez Raih Juara Dunia Ke Tujuh MotoGP

Marc Marquez Raih Juara Dunia Ke Tujuh MotoGP

PANRITA.News – Marc Marquez memastikan gelar juara dunia MotoGP 2018 usai memenangi balapan di Jepang, Minggu (21/10/2018).

Pembalap Repsol Honda ini juga menorehkan rekor, yang membuatnya lebih baik dari Valentino Rossi.

Marquez berhasil menjadi juara pada balapan di Sirkuit Motegi. Dengan kemenangan itu Marquez telah mengumpulkan 296 poin unggul 102 poin dari rival terdekatnya, Andrea Dovizioso.

Raihan poin Marquez dipastikan tidak akan terkejar lagi, mengingat kejuaraan tinggal menyisakan tiga seri. Gelar juara dunia di musim ini, menandai gelar ketujuhnya di semua kelas.

Sebelumnya, pembalap Spanyol itu menjadi juara dunia di kelas 125cc pada 2010, lalu memenangi Moto2 dua tahun berikutnya. Untuk kelas MotoGP, Marquez menjadi kampiun di musim 2013, 2014, 2016, dan 2017.

Dengan usianya yang baru 25 tahun, Marquez tercatat sebagai pembalap termuda yang mencapai lima gelar juara di kelas utama atau MotoGP. Dia mengalahkan Rossi ketika mencapainya di usia 26 tahun.

Berikut 8 fakta menarik Marquez setelah raih gelar juara dunia ketujuh Marquez, yang dilansir GPOne:

1. Marquez adalah pembalap termuda dengan lima titel juara di kelas primer dalam usia 25 tahun dan 246 hari. Marquez mengalahkan rekor Valentino Rossi, yang mencapainya di usia 26 tahun dan 221 hari.

2. Marquez menjadi pembalap termuda yang memiliki tujuh gelar juara.Dia lebih baik daripada Mike Hailwood, yang berusia 26 tahun dan 140 hari saat memenangi gelar ketujuhnya di tahun 1966.

3. Marquez adalah salah satu dari delapan pembalap yang memenangi tujuh atau lebih gelar juara dunia, di seluruh kelas. Pembalap lainnya adalah John Surtees dan Phil Read (7), Carlo Ubbiali, Hailwood, Rossi (9), Angel Nieto (13), dan Giacomo Agostini (15).

4. Marquez adalah salah satu dari empat pembalap, bersama Mick Doohan, Rossi, dan Agostini, yang memenangi lima gelar atau lebih di kelas terbaik. Marquez setara dengan Doohan usai memenangi lima gelar dengan Honda.

5. Hanya ada satu orang Spanyol yang lebih baik daripada Marquez, yaitu Nieto dengan jumlah total 13 titel juara (7 di kelas 125 cc dan 6 di kelas 50cc) di antara 1969 sampai 1984.

6. Dalam 9 tahun terakhir, Marquez setidaknya sudah mengemas lima kemenangan balapan setiap musimnya. Dia adalah pembalap pertama yang mampu mencapainya dalam 70 tahun sejarah kejuaraan dunia.

7. Dengan delapan kemenangan, Marquez sudah memenangi lebih banyak balapan daripada pembalap lain di musim ini, begitu pun dengan finis podium (13) dan pole position (5).

8. Selama kariernya, Marquez telah mencetak 78 pole position.

Leave a Reply