Panwaslu Bulukumba Ingatkan Bacaleg Tak Curi Start

Bulukumba, PANRITA.News – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Bulukumba kembali mengingatkan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) untuk tidak melakukan kampanye sebelum memasuki tahapan kampanye.

Sebagaimana PKPU No. 5 Tahun 2018 tentang perubahan atas PKPU No 7 thn 2017 tentang tahapan, program dan Jadwal penyelenggaraan Pemilihan Umum bahwa tahapan kampanye baru akan dimulai pada tanggal 23 september 2018 mendatang.

Adapun kampanye yang dimaksud melalui: pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka, penyebaran bahan kampanye, pemasangan alat peraga kampanye, media sosial, iklan media massa, rapat umum dll, sebagaimana dalam pasal 275 UU No. 7 thn 2017.

Anggota Panwaslu Bulukumba, Bakri Abubakar mengatakan bahwa Sanksi bagi yang mencuri start kampanye sudah jelas dalam UU No. 7 Tahun 2017 pasal 492. Bahwa setiap orang yang dengan sengaja melakukan kampanye di luar jadwal yang telah ditetapkan oleh KPU untuk setiap peserta pemilu sebagaimana yg dimaksud dalam pasal 276 ayat (2), dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) tahun dan denda paling banyak Rp. 12.000.000,00.

“Untuk itu sebagai langkah pencegahan kita menghimbau semua pihak termasuk bakal caleg untuk mematuhi aturan dengan baik,” jelas Bakri.(*)

Tinggalkan Komentar