Telan Korban Jiwa, Bupati Minta Penyulingan Minyak Tradisional Ditutup

Aceh Timur, PANRITA.News – Bupati Aceh Timur H Hasballah HM Thaib menegaskan penyulingan minyak tradisional di Desa Pasir Putih, Kec. Ranto Peureulak, harus ditutup. Karena selain ilegal, juga bisa menimbulkan ledakan dan kebakaran yang menelan korban jiwa.

“Penyulingan minyak ilegal ini harus segera ditutup, karena kebakaran yang menimbulkan korban jiwa sudah berulang kali terjadi,” tegas Bupati kepada wartawan ketika meninjau lokasi ledakan dan kebakaran sumur minyak di Rantau Peureulak, Rabu (26/4/2018).

Menurutnya, beberapa waktu lalu kebakaran yang sama juga terjadi di lokasi penyulingan minyak mentah di kecamatan yang sama dan juga mengakibatkan sejumlah warga meninggal dan beberapa orang lainnya mengalami luka serius.

“Kami berharap aparat penegak hukum mengambil sikap tegas dengan menertibkan sumur-sumur minyak ilegal ini. Begitu juga dengan PT Pertamina EP Ranau, juga harus menutup sumur yang telah dibuka oleh masyarakat,” harap Rocky panggilan akrab Bupati.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, ledakan dan kebakaran sumur minyak ilegal di Desa Pasir Putih, Rabu (25/4) dini hari telah mengakibatkan 19 orang tewas dan beberapa lainnya mengalami luka berat.

Seluruh korban luka berat dievakuasi dan dirawat di RSUD Sultan Abdul Aziz Syah Peureulak, RSUD Dr. Zubir Mahmud Aceh Timur, RSU Graha Bunda Idi, RSU Adam Malik Sumatera Utara dan RSUD Zainal Abidin Banda Aceh. Korban meninggal dunia telah dikembalikan ke pihak keluarga untuk dikebumikan.

Leave a Reply