Pimpinan DPR Sepakat Hapus Rumah Dinas, Tapi Diganti Uang

Jakarta, PANRITA.News – Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) kini meminta pemerintah menghentikan penyediaan rumah dinas untuk anggotanya. Alasannya, rumah dinas untuk anggota DPR tak pernah ditempati.

“Soal rumah dinas, kita ada pemikiran di pimpinan (DPR), pemerintah tidak perlu lagi menyediakan rumah dinas,” kata Ketua DPR Bambang Soesatyo seperti dikutip detik.com, Selasa (24/4/2018).

Bamsoet, sapaan Bambang, menyatakan rumah dinas anggota DPR membutuhkan biaya pemeliharaan yang semakin tinggi dari tahun ke tahun. Namun rumah berbiaya tinggi itu malah tak dihuni.

“Jadi di periode ke depan, kami menyarankan tidak perlu disediakan rumah dinas bagi anggota DPR,” kata dia.

Politikus Partai Golkar ini menilai lebih baik anggota DPR diberi uang ketimbang diberi fasilitas rumah dinas. Kata dia, biaya yang dikeluarkan akan lebih rendah ketimbang penyediaan rumah dinas.

“Hanya disediakan seperti yang di pemda DKI, yakni uang pengganti rumah dinas. Itu lebih efektif dan lebih murah jatuhnya. Karena percuma juga banyak anggota DPR yang tidak menempati rumah dinas,” kata dia.

Soal besaran uang pengganti rumah dinas, Bamsoet akan menurut kepada pemerintah. “Kita serahkan kepada pemerintah,” ujarnya.

Leave a Reply