Ternyata Ini Penyebab Telkomsel dan IndiHome Alami Gangguan

Ternyata Ini Penyebab Telkomsel dan IndieHome Alami Gangguan

Ilustrasi reaksi pengguna internet saat mengalami gangguan jaringan.

Makassar, PANRITA.News – Layanan internet IndiHome dan Telkomsel milik PT Telkom Indonesia (persero) Tbk mengalami gangguan sejak Minggu, 19 September 2021. Masalah ini pun ramai dikeluhkan masyarakat di sosial media seperti twitter.

Masalah ini terjadi karena ada gangguan pada sistem komunikasi kabel laut JaSuka (Jawa, Sumatera, dan Kalimantan) ras Batam-Pontianak. Gangguan teridentifikasi berasal dari titik sekitar 1,5 km lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter bawah permukaan laut.

“Dengan diketahuinya titik gangguan, kami segera mempersiapkan upaya perbaikan agar secepatnya infrastruktur tersebut dapat segera berfungsi normal,” kata VP Corporate Communication Telkom Pujo Pramono saat dihubungi di Jakarta, Senin, 20 September 2021.

Menurut Pujo, gangguan mulai terjadi pada Minggu sore, pukul 17.33 WIB. Akibat kejadian tersebut, Telkom segera melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam.

Termasuk, penambahan kapasitas beberapa link di wilayah Indonesia seperti dari Papua, Kalimantan maupun Jawa. Lalu, Telkom juga mengoptimalkan gerbang internasional di Manado.

“Fokus kami hanya satu, agar layanan segera kembali normal dan digunakan pelanggan seperti sediakala,” kata dia.

Pujo pun menyebut kedua layanan internet fixed maupun mobile broadband tersebut kini sudah berangsur pulih di beberapa daerah di tanah air. Menurut dia, jaringan kembali normal sejak tengah malam hingga Senin pagi ini.

Telkomsel juga membenarkan telah terjadi gangguan teknis terutama pada layanan internet di sejumlah titik. Di antaranya di Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

“Saat ini kami bersama TelkomGorup sedang berusaha untuk menemukan penyebab gangguan,” kata mereka lewat akun twitternya @Telkomsel pada Minggu malam, saat gangguan.

Meski demikian, Telkomsel menyebut untuk layanan telepon dan SMS, masih dapat diakses secara normal untuk pengguna. Akibat kejadian ini, Telkomsel pun menyampaikan permohonan maaf kepada para pelanggan mereka.

“Kami akan segera menginformasikan proses pemulihan layanan tersebut secara berkala,” kata pihak Telkomsel.

Tinggalkan Komentar