Mengenal Berbagai Jenis Kipas Angin dan Fungsinya, agar Sesuai Kebutuhan

Gambar Ilustrasi.

PANRITA.News – Cuaca di siang hari maupun malam hari terkadang terasa panas terutama di wilayah dataran rendah. Untuk mengatasi hal ini Anda bisa memanfaatkan berbagai jenis kipas angin. Karenanya alat ini sangat membantu untuk mengurangi suhu ruangan dan menyejukkan tubuh di saat suhu sedang tinggi atau penatnya ruangan.

Namun, tahukah Anda jika kipas angin tersedia dalam banyak varian dan fungsi umumnya. Mungkin banyak orang sudah sangat familiar dengan beberapa jenis kipas seperti kipas duduk dan kipas dinding. Selain itu, masih ada banyak jenis kipas lainnya. Jika Anda termasuk orang yang sering menggunakan kipas sebaiknya mengetahui macam  kipas angin serta fungsinya.

Memahami Jenis Kipas Angin dan Fungsinya 

Banyak orang yang belum paham jika kipas angin tersedia dalam banyak jenis dengan beragam peruntukannya. Berikut ini adalah bermacam-macam variasi kipas angin yang perlu untuk Anda ketahui:

1. Kipas Angin Berdiri 

Kipas pertama yang paling umum digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah varian kipas angin berdiri. Kipas ini bisa diletakkan di lantai serta diatur tinggi rendahnya.

Ukuran dari kipas ini juga cukup beragam dengan material yang berbeda-beda. Anda bisa memilih kipas ini apabila senang menggunakannya di tempat yang berbeda-beda. Kelebihan dari kipas ini dapat diatur ketinggian serta posisinya. Anda bisa memindahkan kipas dari ruangan satu ke tempat lainnya sesuai tersedianya aliran listrik.

2. Portable Fan

Jenis kipas berikutnya yang juga sering digunakan adalah kipas angin portable. Kipas ini memiliki ukuran yang kecil sehingga sangat mudah dipindahkan serta dibawa kemana-mana. Bentuknya terlihat sederhana sehingga bisa dibawa dengan menggunakan wadah. Umumnya kipas ini memiliki ukuran sekitar 14 inci atau lebih kecil.

Anda bisa meletakkan kipas di atas meja kantor atau di meja belajar. Saat udara sedang panas, ada tinggal menyalakannya dan angin yang dihembuskan memberi suasana yang sejuk.

3. Kipas Angin Duduk

Kipas yang satu ini memiliki desain yang pendek dan tidak bisa diatur ketinggiannya. Anda bisa meletakkan kipas di berbagai tempat sesuai dengan keinginan. Bahkan Anda juga bisa meletakkan kipas ini di atas meja. Ukuran kipas sangat bervariasi sehingga Anda bisa memilih kipas yang paling sesuai dengan kebutuhan.

4. Kipas Gantung

Anda tentu sudah sering melihat kipas yang diletakkan di atas plafon atau langit-langit rumah. Kipas ini berfungsi untuk menyejukkan ruangan dari atas. Desain dari kipas juga sangat beragam, ada yang seperti baling-baling tanpa pelindung namun ada juga yang dibuat dengan pelindung.

Kipas angin gantung ini mampu berputar dengan cepat dan menyebarkan udara ke seluruh ruangan. Anda juga dapat mengatur kecepatan kipas ini. Diameter Baling-baling kipas tersedia dalam berbagai, ada ukuran yang kecil namun ada juga yang memiliki ukuran lebih besar.

Selain berfungsi untuk menyejukkan ruangan, kipas gantung terkadang memiliki desain yang cantik sehingga juga menjadi dekorasi ruangan.

5. Kipas Dinding 

Pilihan lainnya yaitu jenis kipas angin dinding. Kipas ini sangat efektif karena mampu membuat ruangan terasa lebih lega. Kipas dapat ditempel pada dinding secara kokoh sehingga akan sulit dipindah-pindah. Kipas ini banyak digunakan di rumah, masjid, toko dan yang lainnya.

6. Kipas Multifungsi

Jenis kipas berikutnya yang sangat menarik untuk dimiliki adalah kipas angin multifungsi. Disebut dengan kipas multifungsi karena memang desain dari kipas ini sangat menarik dan dapat diubah sesuai dengan keinginan.

Anda mengatur kipas ini sebagai kipas duduk, kipas berdiri dan bahkan bisa ditempel di dinding. Kipas ini memiliki banyak keunggulan sehingga harganya juga cenderung lebih tinggi.

7. Kipas Tanpa Baling-Baling

Pilihan berikutnya yang juga unik adalah kipas bladeless atau tanpa baling-baling. Kipas ini sangat inovatif dan menarik karena tidak menggunakan baling-baling akan tetapi memiliki sistem kompresi. Kipas ini relatif aman  dan nyaman digunakan di berbagai ruangan dan tidak membahayakan anak kecil.

Anda bisa menemukan kipas ini dengan berbagai desain. Udara di ruangan akan menjadi sejuk serta aman jika menggunakan kipas model ini.

8. Kipas Dua Arah

Jenis kipas lain yang juga sangat menarik adalah kipas angin dua arah. Kipas ini sering dikenal juga dengan exhaust fan. Anda bisa menemukan dan beli kipas angin dengan desain minimalis berbentuk kotak dan saat digunakan kipas ini akan menghembuskan udara dari dalam.

Biasanya kipas ini diletakkan di tembok. Anda juga bisa menempatkan kipas ini di kamar mandi atau bahkan dapur. Kipas ini juga berfungsi untuk menjaga udara ruangan agar lebih bersih dan segar.

9. Kipas Mini

Kipas mini menjadi salah satu alternatif kipas yang banyak digunakan oleh masyarakat sekarang terutama saat berpergian. Kipas ini memiliki desain yang kecil dan bisa dibawa kemana-mana. Bentuk dari kipas sangat beragam dengan berbagai macam tokoh karakter dan warna-warni.

Sumber daya yang digunakan untuk menyalakan kipas ini bisa dari baterai atau bahkan isi ulang daya listrik. Harga kipas ini sangat murah dan cocok untuk menyejukkan tubuh saat liburan atau diperjalanan.

Nyatanya ada begitu banyak sekali jenis kipas yang ada di pasaran. Apabila Anda sedang mencari kipas sesuai dengan kebutuhan, baik itu kipas dinding, kipas gantung, kipas berdiri, kipas duduk, atau yang lainnya maka bisa beli kipas angin dengan mudah secara online.

Harga dari masing-masing varian kipas angin bervariatif sesuai dengan desain ukuran serta fitur yang ada. Untuk mendapatkan produk kipas berkualitas tinggi sebaiknya Anda berbelanja di market terpercaya yaitu Blibli.

Ada banyak sekali kipas angin berkualitas dari brand ternama serta memiliki harga yang terjangkau. Segera download aplikasi Blibli dan nikmati pengalaman belanja kipas angin yang diinginkan dengan aman dan nyaman.

Tinggalkan Komentar