DPPKB Bontang Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Ibu Hamil

Pelaksanaan Vaksinasi Ibu Hamil

Pelaksanaan Vaksinasi Ibu Hamil

Bontang, PANRITA.News – Perdana, pelaksanaan penyuntikan vaksin kepada ibu hamil pada, Sabtu (11/9/2021) kemarin. 

Vaksinasi tersebut sontak membuat peserta yaitu ibu hamil merasa sedikit khawatir. Pasalnya, setiap ibu hamil tentunya rentan dengan persebaran Covid-19, apalagi dengan munculnya varian delta. 

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Bahtiar Mabe, mengatakan jika ibu hamil merasa khawatir itu adalah lumrah. Namun, dirinya sebelumnya telah memberikan sosialisasi terhadap ibu hamil. 

“Wajar saja, karena mereka disuntikkan vaksin dalam keadaan hamil. Jadi setiap kader masing-masing RT telah melakukan sosialisasi terhadap ibu-ibu hamil,” tuturnya. 

Kemarin, pelaksanaan vaksinasi berjalan lancar. Walaupun, ada beberapa ibu hamil yang terpaksa tertunda untuk mendapatkan vaksin. 

“Antusias tinggi, ada di Bontang Selatan 4 ibu hamil, belum bisa menerima vaksin karena beberapa faktor,” sambungnya. 

Terpisah, Bidang Koordinator Puskesmas Bontang Selatan II, Kana Matawiyah mengatakan, peserta ibu hamil yang datang melakukan vaksinasi di Puskesmas Bontang Selatan ll sebanyak 44 orang. 

Dari 44 orang tersebut 4 diantaranya belum bisa divaksin karena gagal lolos screaning. Dalam artian bumil yang telah di vaksin untuk saat ini sebanyak 40 orang. 

“Target hari ini kan 50 bumil. Kami masih nunggu barangkali masih ada yang mau mendaftar,” ungkapnya. 

Selanjutnya, penundaan vaksinasi pada empat bumil tersebut disebabkan tekanan darah tinggi dan ada yang penyintas Covid-19. Pihaknya akan melakukan penjadwalan ulang vaksinasi bagi bumil yang tertunda hari ini. 

“Saat ini kondisinya belum bisa, tetapi ke depan bisa lagi. Kalau yang penyintas tunggu maksimal 3 bulan,” ucapnya. 

Pentingnya dilakukan vaksinasi bagi ibu hamil guna proteksi tambahan dalam menghadapi paparan virus Covid-19. Serta dapat melindungi ibu hamil dan janin yang ada di kandungan.

Tinggalkan Komentar