Bunga Telang Sangat Baik untuk Kesehatan, Ini 7 Khasiatnya

Ilustrasi Teh Bunga Telang

Ilustrasi Teh Bunga Telang (INT)

Bunga Telang adalah bunga asli dari Asia Tenggara. Bunga telang memiliki nama latin Clitoria ternatea. Akhir-akhir ini banyak yang mengonsumsinya sebagai teh karena dianggap memiliki banyak khasiat di dalam tubuh.

Selain terkenal dengan khasiatnya, bunga telang juga diminati oleh masyarakat karena tehnya memiliki warna yang unik, yaitu warna biru. Warnanya yang indah juga membuat bunga ini dimanfaatkan sebagai pewarna alami di berbagai masakan.

Seperti dilansir Kompas dari Medicine Net, berikut adalah khasiat bunga telang untuk kesehatan.

1. Meningkatkan kesehatan otak

Beberapa studi pada hewan menunjukkan bunga telang mampu meningkatkan kadar asetilkolin. Asetilkolin adalah zat yang baik untuk kesehatan otak.

Kadar asetilkolin yang tinggi terbukti mampu mencegah pikun akibat usia serta meningkatkan daya ingat.

Mengonsumsi teh bunga telang berkhasiat meningkatkan kemampuan berpikir dan kesehatan otak secara umum.

2. Mencegah kanker

Bunga telang kaya akan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas penyebab kanker. Selain itu, bunga ini juga dipercaya bisa menghambat sel kanker yang sedang tumbuh.

3. Meredakan sakit kepala dan migrain

Teh bunga telang memiliki efek antiinflamasi yang bisa meredakan berbagai rasa nyeri yang mungkin Anda rasakan. Salah satunya adalah sakit kepala dan migrain.

4. Mencegah penuaan dini pada kulit

Antioksidan yang terkandung di dalam bunga berwarna biru ini mampu memperlambat proses penuaan dini pada kulit. Hasilnya, kulit Anda lebih sehat dan bercahaya.

5. Menyehatkan saluran pencernaan

Antioksidan dalam bunga ini bisa membuat otot saluran pencernaan lebih rileks. Bunga telang juga memiliki efek antihelmintik yang bisa mencegah pertumbuhan parasit cacing di saluran cerna manusia.

6. Menstimulasi pertumbuhan rambut

Bunga telang mengandung antosianin. Antosianin adalah zat yang mampu meningkatkan sirkulasi darah ke kepala, sehingga bisa menyehatkan kulit kepala. Jika kulit kepala sehat, maka rambut akan tumbuh dengan bagus dari dalam.

7. Menjaga gula darah

Bunga telang mengandung berbagai antioksidan yang memiliki efek antihiperglikemi. Efek ini bermanfaat bagi pasien diabetes untuk menjaga kadar gula dalam darah. Teh ini mampu mengoptimalkan kinerja obat diabetes.

[Medicine Net, Kompas]

Tinggalkan Komentar