Lama Didamba, Akhirnya KUA Buki Kepulauan Selayar Resmi Dibangun

Selayar, PANRITA.News – Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Buki, Kabupaten Selayar, resmi di bangun, Kamis (1/7/2021).

Peletakan batu pertama pembangunan Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Kecamatan Buki, dihadiri langsung Kakankemenag Selayar, Aswar Badulu, Kakanwil Kemenag Sulsel, Bupati, Anggota DPRD, Sejumlah Kabid dan Kasi di Lingkup Kanwil Kemenag Sulsel, Muspika Buki, dan Tokoh Adat Masyarakat Buki.

Kakankemenag Selayar mengungkapkan, Kehadiran KUA Kec Buki, adalah untuk mewujudkan peningkatan Pelayanan di bidang Keagamaan khususnya di Kecamatan Buki.

“KUA Buki sendiri akan dibangun di atas Tanah yang berukuran 52 x 60 meter persegi dengan Anggaran 1,4 M yang pengadaan lahannya atas kerjasama antara Kemenag dengan dukungan dari Lembaga Adat Amma Guru Buki,” jelas Aswar Badulu.

“Melihat Lokasi KUA Buki yang begitu Luas dengan panorama yang sangat Indah, selain Bangunan Kantor, kami juga rencanakan akan membangun Taman Sakinah yang nantinya bisa dimanfaatkan sebagai lokasi pesta penikahan berkonsep outdoor atau alam terbuka yang sedang trend,” lanjutnya.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Sulsel Khaeroni dalam arahannya menyampaikan bahwa Pembangunan KUA ini adalah bagian dari program Revitalisasi KUA yang saat ini menjadi program strategis di Kementerian Agama.

Jenis layanannya, kata Khaeroni, bukan saja soal Pernikahan dan lainnya, tapi bisa juga dijadikan sebagai Pusat pendeteksian dini masalah masalah sosial kemasyarakatan di masyarakat.

Karenanya, Kakanwil harap Seluruh Aparatur Kemenag di Kepulauan Selayar khususnya jajaran KUA Buki agar intens membangun Sinergi dan koordinasi dengan seluruh stake holder setempat.

Khaeroni juga secara khusus menegaskan kepada Pelaksana Pembangunan yakni CV Telaga Indonesia Mandiri agar dalam proses pengerjaannya senantiasa menerapkan 3 pro yakni profesional, prosedural, proporsional.

Sementara itu, Bupati Kepulauan Selayar diwakili Assisten Bidang Pemerintahan Kab. Kepulauan Selayar Dahrul Malik, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kehadiran KUA Buki sangat penting artinya bagi Masyarakat Kami di Selayar khususnya di Buki, karena diharap dari KUA Buki inilah nantinya visi misi Pemda Selayar bisa diwujudkan khususnya dalam menciptakan masyarakat yang religius.

“Pemerintah Daerah sangat Menyambut baik pembangunan KUA Buki, dimana keberadaannya sudah lama sangat didambakan oleh seluruh masyarakat dan pemerintah daerah, yang diharapkan nantinya berfungsi membentuk watak dan peradaban bangsa khususnya di bidang keagamaan,” Ucap Assisten I Kepulauan Selayar menutup sambutan tertulis Bupati Selayar H. Muh. Basli Ali.

Usai Mendengar Sambutan Bupati, Peletakan Batu Pertama Pembangunan KUA Buki dimulai yang diawali oleh Doa oleh Kakanwil Kemenag Sulsel, secara berturut turut disusul oleh Bupati Selayar, Tokoh Adat Kec. Buki, Kabid Urais dan Pembinaan Syariah, Kakankemenag Selayar, Muspika Buki, dan Kabid PHU Kanwil.

Tinggalkan Komentar