THR ASN Pemkot Makassar Sudah Dicairkan, Totalnya Capai Rp 35 Miliar

Makassar, PANRITA.News – Tunjangan Hari Raya (THR) yang selama ini dinantikan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, akhirnya terealisasi.

Secara total, Pemkot meyiapkan anggaran hampir mencapai Rp 35 Miliar untuk membayar THR ASN termasuk Eselon II yang ditahun sebelumnya tidak mendapatkan THR.

Plt Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Makassar, Helmy Budiman mengungkapkan, proses pencairan THR sudah dimulai sejak beberapa hari yang lalu, hanya saja proses pembayaran dilakukan secar bertahap.

“Itu per tanggal (4/5/2021) kita sudah cairkan. Sudah ada beberapa yang masuk. Mudah-mudahan tuntas secepatnya,” ujarnya.

Kata Helmi, proses pencairan tidak bisa dilakukan serentak sebab masih ada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang lamban mengajukan Surat Perintah Pembayaran (SPM). Pihaknya menargetkan proses pencairan tuntas pekan ini.

“Kami berharap OPD yang belum memasukkan kelengkapan administrasi untuk bisa segera dimasukkan. Supaya proses pencairannya bisa rampung,” tambahnya.

Tunjangan yang dimaksudkan dalam komponen pembayaran THR adalah tunjanhan beras, keluarga, dan tunjangan tabatan.

Sementara untuk komponen tunjangan kinerja (TPP), ungkap Helmi, terpaksa dihapuskan oleh Pemkot karena pendapatan daerah yang masih minim.

“Yang tidak diikutkan itu TPP, baik untuk gaji 13 dan 14 (THR). Itu kita mengikuti PMK (Peraturan Menteri Keuangan) dan PP (Peraturan Pemerintah) nya,” jelasnya.

Sementara untuk gaji 13, akan dibayarkan setelah Juni 2021.

“Kita juga masih menunggu anggarannya dari pusat. Namun untuk aturan pembayarannya, kita sudah atur semua dalam Perwali Nomor 27 Tahun 2021,” tutupnya

Tinggalkan Komentar