DPPKB Bontang Sambut Baik Disetujuinya Raperda Pengarusutamaan Gender

Kepala DPPKB Kota Bontang Bahtiar Mabe.

Bontang, PANRITA.News – Mencanangkan Rencana Peraturan Daerah (Raperda) terkait pengarusutamaan gender, disambut baik oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB).

Hal itu dapat mengatur strategi yang dibangun untuk mengintegrasikan gender menjadi satu dimensi integral dari perencanaan, penyusunan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi atas kebijakan, program dan kegiatan pembangunan di daerah.

Kepala DPPKB Bahtiar Mabe mengatakan, Peraturan Daerah ini dimaksudkan untuk memberikan landasan hukum kepada Pemerintah Daerah dalam penyelenggaraan
pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan masyarakat yang responsif gender.

“Sangat jelas yah point penting, perda tersebut nantinya menekankan asas kesetaraan dan keadilan, dalam langkah strategi pembangunan di kota Bontang kedepanya,” kata Bahtiar saat ditemui Awak media, Senin (3/5/2021).

Selanjutnya pihaknya menjelaskan bahwa Peraturan Daerah ini mempunyai tujuan meningkatkan kesetaraan dan keadilan dalam kedudukan, peranan, dan tanggung jawab laki-laki dan perempuan sebagai insan dan sumber daya pembangunan.

“Agar tidak terjadi kesenjangan antara peran laki-laki dan perempuan, agar tidak terkesan ada monopoli peran di dalam penyelenggara pemerintahan,” sambungnya.

Tadi saat pembahasan gambarsnnumum yang disampaikan oleh setiap fraksi di DPRD Bontang juga menyikapi positif. Tentunya Raperda ini menjadi penting untuk dijadikan payung hukum yang jelas.

“Tinggal mengatur langkah penyusunan point didalam perda nya, tentunya jika sudah ditetapkan maka ada aturan yang mengatur tentang pengarusutamaan gender,” tutupnya.

Tinggalkan Komentar