Samakan Persepsi Pemberian Insentif, DPPKB Bontang Gelar Rakor ke Petugas dan Sub PPKBK

Rapat koordinasi penyamaan persepsi tentang pemberian insentif terhadap petugas Pembantu Pembina Keluarga Berencana Kelurahan (PPKBK) dan Sub PPKBK.

Bontang, PANRITA.News – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) menggelar rapat koordinasi penyamaan persepsi tentang pemberian insentif terhadap petugas Pembantu Pembina Keluarga Berencana Kelurahan (PPKBK) dan Sub PPKBK.

Disampaikan oleh Kepala DPPKB Bahtiar Mabe, bahwa Surat Keputusan Walikota Nomor 188.45/6/DPPKB/2021. Tentang pemberian insentif bagi kader PPKBK dan Sub PPKBK yang tersebar di 3 kecamatan dan 15 kelurahan di Kota Bontang.

“Namun dalam pelaksanaanya, menemui masalah terkait pemberian honor rangkap oleh kader yg di danai dari APBD kota Bontang. keluhan dari kecamatan maupun kelurahan bahwa, banyak masyarakat yg tidak mau ditunjuk menjadi kader PPKBK dan sub PPKBK,” kata Bahtiar Mabe saat ditemui usai melaksanakan rapat, Senin (19/4/2021).

Mengingat tugas dan tanggung jawabnya yg sangat besar yg dengan sukarela menjadi perpanjangan tangan pemerintah di masyarakat.

Karena kurang yg berminat sehingga ada kader yg bersedia merangkap mejadi kader posyandu dan kader PPKBK/sub PPKBK. Permasalahan inilah yg  mencuat sekarang ini krn dianggap mendapatkan insentif ganda walaupun dengan organisasi yg berbeda akan tetapi  anggarannya adalah anggaran dari APBD kota bontang.

“Secara regulasi memang tidak di atur, namun sebagai tindakan prefentif dan untuk mencegah adanya temuan BPK, maka perlu adanya penyatuan persepsi.
Hasil rapat belum dapat disimpulkan karena ada beberapa opsi yg bisa diambil dengan  persetujuan sekretaris daerah,” sambungnya.

Hadir dalam rapat sekretaris  Inspektorat Andi Hasanuddin Akmal. Beserta staf dan undangan dari perwakilan 3 kecamatan yaitu kasi Pemberdayaan masyarakat/PM atau yg membidangi dan 15 kelurahan kasi Pemberdayaan Masyarakat dan perwakilan kader PPKBK disetiap kecamatan.

“Secara nominal setiap kader PPKBK mendapat insentif 250 ribu dan Sub PPKBK mendapat insentif 150 ribu kata Bahtiar saat di temui awak media usai melaksanakan kegiatan di Kecamatan Bontang Barat,” tutupnya.

Tinggalkan Komentar