Ismail Gandeng Praktisi Hukum Sosialisasikan Perda Tentang Penyelenggaraan Bantuan Hukum

Ismail Gandeng Praktisi Hukum Sosialisasikan Perda Tentang Penyelenggaraan Bantuan Hukum.

Bontang, PANRITA.News – Anggota DPRD Kaltim, Ismail, menggelar sosialisasi penyebarluasan peraturan daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Bantuan Hukum, di Jalan MH. Thamrin. Minggu (11/4/2021).

Ismail mengungkapkan, Perda Nomor 5 tahun 2019 sangat penting untuk disosialisasikan ke masyarakat, agar masyarakat mengetahui produk hukum yang sudah disahkan oleh parlemen di Karang Paci (sebutan lain kantor DPRD Kaltim).

“dalam perda ini jelas, ini harus sampai ke Masyarakat untuk diketahui, perda penyelenggaraan bantuan hukum ini diperuntukkan untuk yang tidak mampu,” Kata Ismail.

Politisi Nasdem ini, menerangkan urgensi dari inti perda yang disosialisasikan, berkaitan dengan kebutuhan masyarakat kurang mampu yang ingin mendapatkan bantuan hukum. Dapat diberikan tanpa pungutan biaya sepeser pun.

“Khususnya masyarakat yang tidak mampu, nanti masyarakat berbekal surat keterangan tidak mampu dari RT dan kelurahan,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan jika dalam prakterknya nanti. Kebutuhan biaya untuk pengacara, akan dibayarkan melalui APBD Provinsi Kaltim.

“Ketika ini perda provinsi maka konsekuensinya segala sesuatunya akan ditanggung APBD provinsi,”

Di akhir, ia juga menyampaikan akan berkomitmen dalam mengawal aspirasi masyarakat yang antusias dengan adanya Perda tersebut. Nantinya, pihak DPRD Kaltim akan mendesak Pemprov Kaltim dalam menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) terkait perda ini.

“Kami yang ada di banperda nanti sebagai mitra pada biro hukum. Setiap pertemuan akan kita ingatkan dan kami punya komitmen untuk mengawal itu,” pungkasnya.

Diketahui, Ismail merupakan kader dari Partai Nasdem yang terpilih dalam Pemilu 2019 di DPRD Provinsi Kaltim, pada Dapil VI meliputi Bontang, Kutim dan Berau.

Tinggalkan Komentar