Berlaku Hari ini, Bakhtiar Wakkang Sambut Baik GeNose Jadi Syarat Perjalanan

Anggota DPRD Bontang, Bakhtiar Wakkang.

Bontang, PANRITA.News – Pemerintah memperbarui aturan perjalanan orang dalam negeri di masa pandemi Covid-19 untuk mencegah penyebaran virus corona.

Ketentuan tertuang dalam Surat Edaran (SE) Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 12 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dalam Masa Pandemi Covid-19.

Anggota Komisi II DPRD Kota Bontang Bakhtiar Wakkang, menyambut baik diberlakukannya kebijakan alat deteksi Covid-19 berbasis hembusan nafas ini.

“ini Positif Sekali, apalagi GeNose itu Karya Anak negeri, Kemungkinan jauh lebih Murah,” ujarnya, Kamis, (1/4/2021)

Apalagi, kata Bakhtiar, Tarif dengan tes GeNose C19 jauh lebih murah dibanding PCR maupun Antigen yang mencapai ratusan ribu.

“terakhir saya Antigen bayar 250 ribu, kalo di pelabuhan loktuan katanya 180,” kalo pake Genose, bisa hanya 20 ribu sampai 30 ribu, bahkan ada sudah yang gratis.” Bebernya

“kalau 20 ribu , pun perjalanan pulang pergi hanya 40 ribu saja, masyarakat yang tadinya berhitung masalah cost, ini bisa murah.” Sambungnya.

Ia mendorong pemerintah selaku eksekutif, untuk memikirkan pembelian GeNose C19 versi screening atau GeNose C19-S yang merupakan alat skrining cepat infeksi virus SARS-CoV2 melalui hembusan napas pasien COVID-19.

“kalau tidak salah PKT sudah beli 10 yah Alat ini, harganya juga ga semahal PCR, Pemerintah sepertinya boleh lewat dishub”. Lanjutnya
Bakhtiar Wakkang berharap, pemberlakuan sebagai GeNose syarat perjalanan bisa segera di aplikasikan di Pelabuhan Loktuan.

“ini kita masi dalam semangat Sense of Crisis, bagaimana kita peka dengan kondisi yang terjadi di sekitar kita, toh pelabuhan sudah buka, baiknya dilengkapi alat Tes Genose ini.” Tutupnya

Sementara itu dikutip dari Antara, Kementerian Perhubungan memfasilitasi tes GeNose bagi para calon penumpang di Terminal Pulo Gebang secara gratis. melalui subsidi dari Kemenhub.

Nantinya akan diterapkan pula di sejumlah terminal tipe A yang ada di seluruh wilayah Indonesia. Selain di terminal, pengecekan GeNose juga akan diterapkan di pelabuhan penyeberangan.

Tinggalkan Komentar