Turap Amblas Badan Sungai Menyempit, Komisi III DPRD Bontang Sidak di Bulutangkis

Turap Amblas badan sungai menyempit, Komisi III DPRD Bontang sidak di Bulutangkis.

Bontang, PANRITA.News – Komisi III DPRD kota Bontang akan mengawal penganggaran revitalisasi turap beton penahan yang amblas di jalan Bulu Tangkis II RT. 40 kelurahan Api api, dengan anggaran sekira 600 juta lebih.

“Alhamdulillah, harapannya, kita akan menggiring ini mengawal bersama, anggaran enam atau tujuh ratus juta untuk kepentingan masyarakat setempat,” ujar Amir Tosina, Selasa (23/3/2021).

Dinas Pekerjaan Umum dan perumahan rakyat (pupr) yang turut hadir saat kunjungan komisi III tersebut, menjelaskan, jika rencana kerja tahun 2020 dan 2021 tidak dapat banyak melakukan pekerjaan konstruksi akibat adanya recofusing.

“pupr dalam hal ini akan melakukan pekerjaan konstruksi jika anggaran ada, kondisi recofusing banyak pekerjaan harus dihapus,’ kata Karel Kepala Bidang Pupr.

Namun melihat kondisi badan Sungai yang menyempit akibat merembes nya tanah dari lubang amblas turap tersebut, Pupr akan melibatkan konsultan dan warga sekitar, terkait desain dan tekhnis Perencanaan.

“Solusinya yah pemasangan Bronjong kawat, dengan mikro pile,
tapi konsultan dan warga harus bersepakat dulu soal desain dan anggaran.”
ujar Bambang kasi pembangunan Pupr.

Turap sepanjang 160 meter mengalami patah di salah satu tiang yang menyebabkan tanah merembes hingga 5 meter ke badan sungai yang meyebabkan lebar sungai menyempit sehingga air sungai meluap saat hujan dan menyebabkan banjir.

Sementara Anggota komisi III DPRD Bontang Abdul Samad, memaparkan, “Kalau kami menyikapi dengan melihat kondisi yang ada, saya menyarankan jika ada pengerjaan turap, agar mengeruk bibir sungai lebih melebar bukan mengambil sisi di dalam sungai. ini yang menyebabkan sungai mengecil dan tidak bisa mengatasi banjir.” pungkasnya.

Komisi III DPRD Bontang melalui Abdul Samad berjanji akan mencarikan solusi dalam waktu dekat.

Tinggalkan Komentar