Gelar RDP, Komisi I DPRD Bontang Mediasi Eks karyawan PT CSI

Komisi III DPRD Kota Bontang Mediasi Eks karyawan PT. CSI.

Bontang, PANRITA.News – Komisi I DPRD kota Bontang berharap ada titik temu antara Simon datu Allo dengan PT Citra Satya Internusa (CSI) sebagai perusahaan penyedia tenaga kerja untuk PT. Badak LNG.

“Harapan kami PT CSI bisa membuka ruang untuk saudara Simon, jika tidak ada pelanggan yang berat,” harap anggota Komisi I And Haris, Selasa (23/3/2021).

Dalam rapat dengar pendapat (RDP) tersebut beberapa poin yang diajukan Simon tidak dapat dipenuhi, PT CSI sendiri beranggapan jika telah menyelesaikan apa yang menjadi tuntutan Simon.

“Jadi kami di komisi I ini hanya sebatas memediasi, pak Simon sebagai warga berhak kami mediasi, Soal langkah CSI yang tidak dapat memenuhi tuntutan diluar kuasa kami,” ujar politisi PKB ini.

Menurutnya, Pengadilan Hubungan Industrial adalah langkah terakhir jika mediasi kedua pihak yang bertahan dengan argumen hukum yang ada.

Sementara Dinas tenaga kerja menilai PT CSI, lalai dalam pelaporan soal ketenagakerjaan, selama beroperasi di Kota Bontang.

“CSI ini selama beroperasi di Bontang belum melakukan koordinasi pelaporan ketenagakerjaannya ke kami, beberapa perusahaan penyedia PT.Badak sebelumnya, rutin melapor,” ucap Saifullah Kabid Hubungan Industrial.

Saifullah juga berharap Komisi I sebagai mitra kerja Disnaker, dapat mendukung penganggaran sosialisasi regulasi ke perusahaan.

“Yah, selama pandemi, kami stop semua sosialisasi, kami terbatas anggaran soal sosialisasi yang mengharuskan via daring,” ucap Saifullah.

Sementara pihak PT. Badak Lng yang di wakili Angga Fakih saat dikonfirmasi terkait PT. CSI, yang tidak melapor ke Disnaker. iya menjelaskan jika PT. Badak nantinya sekedar hanya sebatas mengingatkan.

“Sifatnya reminding aja, yah reminding,” pungkasnya.

Tinggalkan Komentar