GIS, Terobosan PDAM Parepare Layani Air Bersih dan Gangguan Pelayanan

Tim GIS PDAM Kota Parepare, Nasrun T, ST.

Parepare, PANRITA.News – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Parepare komitmen memberikan pelayanan air bersih kepada masyarakat. Salah satu terobosannya dengan membentuk Tim Geografi Information System (GIS).

Hal ini diungkapkan oleh Tim GIS PDAM Kota Parepare, Nasrun T, ST. Kamis, (25/2/2021).

Nasrun mengungkapkan bahwa GIS merupakan awal cikal bakal monitoring skada berupa alat monitoring pendeteksi kebocoran maupun kekeruhan air.

“Dulunya kita menerima aduan dari masyarakat tentang adanya kebocoran pipa maupun pengaduan pengaduan lainnya. Sekarang, melalui GIS ini, kita dapat melihat langsung dimana area yang terjadi kebocoran tersebut. Jadi kita dapat dengan cepat memberikan tindakan jika hal itu terjadi”, ucap Nasrun.

“Data yang terlihat dari GIS ini sudah valid sehingga tidak perlu lagi membuat berbagai macam pemberkasan seperti dulu”, ungkapnya.

Nasrun mencontohkan jika ada masyarakat yang ingin memasang instalasi air yang baru maka tinggal dilihat di monitor GIS lokasinya maka bisa diketahui berapa pembayaran air masyarakat itu nantinya. Jadi mekanismenya by sistem.

“Jadi lebih cepat dan itu arahnya ke PDAM Smart”, terang Nasrun.

“Melalui GIS ini, masyarakat nantinya juga bisa melihat besaran pembayarannya hanya melalui handphone. Ini terobosan kita dalam memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggan”, tandasnya.

Tinggalkan Komentar