Greenvironment Indonesia Dukung Kampanye dan Aksi Bersih IKA Fahutan Unmul

Greenvironment Indonesia Dukung Kampanye dan Aksi Bersih IKA Fahutan Unmul.

PANRITA.News – Ikatan Alumni (IKA) Fakultas Kehutanan (Fahutan) Universitas Mulawarman (Unmul) Kalimantan Utara (Kaltara) melakukan sosialisasi dan aksi bersih dalam rangka Kampanye Pelestarian Ekosistem Pesisir dan Mangrove bersama 70 lembaga baik pemerintah, komunitas dan LSM Lingkungan Hidup diantaranya Greenvironment Indonesia di 3 Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Utara dengan 150 lebih peserta pada tanggal 4 dan 7 Februari 2021.

Kegiatan ini akan dilakukan secara daring dan luring dengan dua agenda acara yaitu kampanye dan aksi bersih lingkungan. Kampanye akan dilaksanakan melalui Zoom yang dilaksanakan hari ini (04/02/2020) dan Aksi Bersih Lingkungan akan dilaksanakan pada akhir pekan yaitu 07 Februari 2020 di beberapa titik.

Dalam pelaksanaan kegiatan aksi bersih nantinya akan dibatasi peserta maksimal 5 orang/lembaga dan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk turut andil dalam upaya pencegahan rusaknya sumber daya pesisir dan menjaga produktifitas hayati pesisir yang tinggi seperti yang dijelaskan oleh Ketua IKA Fahutan Unmul Kaltara, DR. Dt. Iman Suramenggala, S.Hut, M.Sc

“Ekosistem mangrove sebagai salah ekosistem utama di wilayah pesisir
memiliki peran biologis yang sangat penting untuk tetap menjaga kestabilan, produktifitas dan ketersediaan sumber daya hayati. Keterkaitan berbagai ekosistem pesisir dan laut menyebabkan wilayah pesisir memiliki produktifitas hayati yang tinggi dan berperan penting
baik secara ekonomi ataupun ekologi. Apabila terjadi gannguan/kerusakan tentu akan mempengaruhi ekosistem lainnya, seperti perunuan produktivitas dan sumber daya hayati di wilayah pesisir,” terang DR. Dt. Iman Suramenggala, S.Hut, M.Sc.

Greenvironment Indonesia mendukung upaya IKA Fahutan Unmul dalam Kampanye dan Aksi Bersih ini untuk melindungi dan berupaya menjaga wilayah kalimantan utara yang didominasi oleh wilayah pesisir dengan hutan bakau.

“Kami memberikan dukungan kepada IKA Fahutan Unmul yang di tengah pandemi Covid-19 tetap melakukan upaya perlindungan terhadap lingkungan hidup khususnya kawasan pesisir yang merupakan wilayah yang dominan di provinsi kalimantan utara. Kampanye dan Aksi Bersih ini diharapkan mampu untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dan sekaligus aksi nyata dari IKA Fahutan Unmul untuk merangkul semua elemen untuk berkontribusi bersama demi lingkungan hidup yang baik dan sehat di Provinsi Kalimantan Utara,” ujar Rachmat Founder Greenvironment Indonesia yang juga merupakan mahasiswa Pascasarjana Universitas Hasanuddin diwawancarai setelah sesi Webinar Zoom selesai.

Arman Fauzi yang merupakan Presiden Mahasiswa Institut Teknologi Kalimantan Periode 2017/2018 juga merupakan Founder Greenvironment Indonesia berharap kolaborasi aksi dan kampanye seperti ini dapat terus berlanjut.

“Kami Greenvironment Indonesia yang terdiri dari pemuda-pemudi millenials kota paguntaka yang konsern pada isu lingkungan hidup dari berbagai latar belakang pendidikan dan profesi, siap mendukung dan mensukseskan kampanye serta aksi bersih. Harapannya kolaborasi ini akan terus berlanjut kedepannya sebagai upaya turut andil dalam pengelolaan dan pengawasan lingkungan hidup” ujar Arman Fauzi.

“Pemerintah provinsi dan pemerintah kota/kab harus mendukung upaya pelestarian lingkungan hidup sehingga dapat mewujudukan SDG’s di tahun 2030 nantinya,” ujar Akbar Adi Prasetyo yang juga sebagai Founder Greenvironment yang merupakan Mahasiswa Ilmu Komunikasi di UII, Yogyakarta.

Ramzy Raihan sebagai Co-Founder Greenvironment Indonesia juga sebagai Alumni Unmul juga berharap kegiatan ini mampu untuk melibatkan pemuda-pemudi millenial untuk turut andil dalam upaya pelestarian dan gerakan gerakan lingkungan karena millenial merupakan generasi yang paling dominan hari ini.

Tinggalkan Komentar