Dinkes Bontang: Isolasi Mandiri Pasien Covid-19 Tetap di Rumah, Bakal Maksimalkan Stakeholder

Ilustrasi pasien virus corona

Ilustrasi pasien virus corona © Shutterstock

Bontang, PANRITA.News – Batalnya penggunaan Hotel Grand Mutiara (GM) sebagai rumah karantina, membuat Dinas Kesehatan (Dinkes) Bontang akhirnya meminta kepada pasien Covid-19 untuk tetap melakukan isolasi di rumah.

Kadinkes Bontang, dr Bahauddin mengatakan, pihaknya bakal memaksimalkan peran stakeholder di tingkat bawah untuk mengawasi pasien Covid-19 selama menjalani isolasi mandiri. Mereka adalah puskesmas, babinsa, bhabinkamtibmas, kelurahan, kecamatan, dan relawan Covid-19. “Karena tinggal satu setengah bulan maka kami memutuskan untuk mengoptimalkan peran di tingkat kelurahan,” ujarnya Senin (16/11/2020).

Dalam waktu dekat, Dinkes Bontang akan membuat surat edaran terkait mekanisme pengawasan pasien isolasi mandiri, dan akan ditembuskan ke instansi kepolisian dan TNI. Tujuannya agar pasien tersebut tidak beraktivitas di luar rumah. “Intinya pengawasan isolasi mandiri akan kami tingkatkan,” ucapnya.

Terkait adanya regulasi yang mengatur jika ada pasien yang melanggar, Bahauddin belum bisa menjelaskan secara detail, apakah akan diberikan sanksi atau hukuman lainnya.”Sanksi tergantung situasi di lapangan,” tutupnya.

Tinggalkan Komentar