Sampaikan Belasungkawa, JK: PMI Siap Kirim Relawan untuk Gempa Turki

Bangunan yang ambruk akibat gempa magnitudo 7 di Izmir, Turki, pada Jumat (30/10/2020). (Foto: AP)

Jakarta, PANRITA.News – Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla (JK) menyatakan turut prihatin dan berbelasungkawa atas bencana gempa Bumi berkekuatan magnitudo 7,0 skala Richter yang mengguncang kawasan pesisir barat Turki.

Ungkapan belasungkawa tersebut disampaikan JK saat usai memberikan pengarahan kepada pengurus dan relawan Covid PMI Bali di Markas PMI Bali Jalan Imam Bonjol Kota Denpasar, Bali, Sabtu (31/10/2020).

“Tentu kita prihatin dan belasungkawa atas gempa yang terjadi di Turki, kita juga di Indonesia selalu terkena gempa tapi di Turki ini agak besar sedikit karena banyak yang meninggal. Karena itu kami Palang Merah Indonesia berbelasungkawa untuk itu,” ujarnya.

Selain menyampaikan ucapan belasungkawa JK juga menyatakan PMI akan siap mengirimkan relawannya untuk membantu evakuasi apabila dibutuhkan.

Apalagi menurutnya, Turki adalah salah satu negara yang membantu Aceh saat dilanda Gempa dan Tsunami pada tahun 2004 silam.

“Kami siap membantu apabila benar benar dibutuhkan. Karena Turki ini salah satu negara yang membantu kita waktu Tsunami Aceh pada 2004 silam,” lanjutnya.

Sebagaimana yang diberitakan sebelumnya Gempa berkekuatan 7,0 skala Richter mengguncang kawasan pesisir barat Turki, berdekatan dengan Pulau Samos, Laut Aegean.

Titik gempa berada pada jarak 11 mil (17 kilometer) dari pesisir barat Turki dan bergoncang pada pukul 13.51 waktu setempat. Belum diketahui pasti berapa jumlah korban namun dilaporkan ada 20 bangunan yang roboh akibat gempa tersebut. 

Tinggalkan Komentar