Respon Keluhan Warga Soal Genangan Air, Komisi III DPRD Bontang Langsung Sidak

Bontang, PANRITA.News – Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bontang turun melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pembangunan trotoar dan drainase.

Hal itu dilakukan sebagai bentuk tindaklanjut Komisi III terhadap usulan serta aspirasi masyarakat terkait genangan air yang mengganggu aktivitas mereka.

Ketua Komisi III DPRD Bontang, Amir Tosina memimpin langsung inspeksi mendadak tersebut, dimana titik lokasi sidak di RT : 43, 40, 41, 16, 28, dan 22, Kelurahan Loktuan.

“Kita panggil dinas terkait untuk bersama – sama turun mengecek langsung kondisi derinase yang mengakibatkan genangan air di musim penghujan. Ini bentuk tindaklanjut atas aspirasi serta usulan masyarakat ke Dewan,” ucap dia. (19/10/2020).

Amir Tosina menjelaskan, kondisi itu terjadi akibat tumpukan sampah dan kurang maksimalnya pembangunan saluran atau derinase.

“Rencana pembangunan ini memang tidak terakomodir karena termasuk bangunan lama. Ini akibat tumpukan sampah dan pembangunan sebelumnya tidak maksimal,” kata dia.

Di samping itu, kata dia, kondisi penyumbatan terjadi akibat adanya pipa PDAM, yang tidak teratur serta adanya penimbunan lahan oleh perusahaan swasta.

“Kita Komisi III akan panggil dinas terkait dan pihak swasta, mereka harus bertanggungjawab atas kondisi banjir di beberapa tempat ini. Kita akan koordinasi bagaimana solusi,” ungkapnya.

Sementara itu, Lurah Loktuan, Muh. Takwin mengatakan, genangan terjadi akibat penyumbatan derinase yang sifatnya sementara, lantaran jika hujan redah genangan air juga ikut surut.

Sehingga menurut dia, pemerintah kota melalui Dinas terkait akan segera melakukan perbaikan terutama pada derinase dan trotoar. Terlebih lokasi tersebut berada di sekitaran Pelabuhan atau titik keramaian.

“Jadi, perlu ada perbaikan baik derinase maupun trotoar agar saluran air lancar dan tidak terjadi lagi genangan dimusim hujan. Selain itu perbaikan tersebut juga bisa memperindah kawasan arah menuju Pelabuhan dan sekitarnya,” tutup Muh. Takwin.

Tinggalkan Komentar