Kawasan Industri Dibangun, Barru Kini Jadi Ikon Pertumbuhan Ekonomi di Sulsel

Kawasan Industri Dibangun, Barru Kini Jadi Ikon Pertumbuhan Ekonomi di Sulsel

Kawasan Industri Dibangun, Barru Kini Jadi Ikon Pertumbuhan Ekonomi di Sulsel

Barru, PANRITA.News – Kepemimpinan Bupati Barru Suardi Saleh memang layak diacungi dua jempol. Selain berbagai terobosan yang berhasil ditunjukkan selama empat tahun terakhir, eks kepala Dinas PU Maros dan Pinrang itu, kini membawa Barru sebagai ikon pertumbuhan ekonomi di Sulsel.

Tak tanggung-tanggung, Barru yang berpenduduk sekira 170 ribu jiwa, menuju kawasan ekonomi khusus di Indonesia. Itu ditandai dengan dimulainya pembangunan Kawasan Industri yang dikelola bersama PT (Persero) Kawasan Industri Makassar.

Ditandai penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) di Baruga Singkeru Ada’e, Rujab Bupati Barru, Jumat (28/08/2020), Barru akan melakukan pengembangan areal kawasan seluas ± 3.097,42 Hektare. Meliputi dua kelurahan dan tiga desa. Masing-masing, Kelurahan SepeE, Kelurahan Mangempang, Desa Siawung, Desa Madello dan Binuang.

Kawasan ini bakal didesain dengan konsep pengembangan Eco Industrial Park. Jika ini terealisasi, dipastikan ada ribuan tenaga kerja yang terserap. Belum lagi dampak ke masyarakat mengenai perputaran ekonomi yang cepat dan muaranya pada kesejahteraan rakyat.

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah yang hadir langsung dalam penandatangan MoU, melontarkan kekaguman melihat progress pembangunan dan capaian yang ditunjukkan Barru di bawah “komando” Suardi Saleh.

“Kabupaten Barru menjadi Ikon pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Selatan. Kami bangga di era kemimpinan Suardi Saleh yang menjadikan Barru ikon pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan semakin maju,” tegas Nurdin Abdullah.

Mantan Bupati Bantaeng dua periode itu menambahkan, capaian yang ditunjukkan Barru selama ini, tak akan mungkin bisa sampai pada tahap sekarang jika pemimpinnya lemah.

“Kami salut bersama (kepada) beliau (Suardi Saleh), karena dia sudah berusaha promosikan daerahnya untuk menjadikan daerah industri maju dan daerah semakin berkembang,” tambah Nurdin Abdullah.

Bukan hanya itu, Nurdin Abdullah juga terang-terangan mengakui jika Suardi Saleh adalah pemimpin yang hebat dan luar biasa. Salah satu tolak ukurnya, Barru punya banyak kemajuan. Ditambah lagi, bisa menarik banyak investor masuk menanamkan modalnya.

“Saya bangga kepada Bupati Barru Suardi Saleh, karena dia sudah sediakan segala hal di wilayah Kabupaten Barru. Mulai dari Industri-industri sudah ada di Barru. Dia (Suardi Saleh) sangat Luar biasa dan dia orang hebat,” puji Nurdin.

Diberbagai kesempatan, Nurdin memang selalu menyampaikan kekagumannya kepada Suardi Saleh. Bahkan dirangkaian hari jadi Barru 2020, ia juga sempat menghimbau warga untuk terus memberikan kepercayaan kepada Suardi Saleh.

Sementara itu, Suardi Saleh menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Gubernur Sulsel yang hadir dalam penandatangan MoU antara Pemkab Barru dan PT KIMA.

Menurut dia, penandatangan ini menunjukkan komitmen bersama antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Pemerintah Kabupaten Barru dan PT. Kawasan Industri Makassar Persero untuk mendorong percepatan investasi, baik PMA maupun PMDN. Selain itu, juga mendorong bahwa Kawasan EMAS Kabupaten Barru memiliki daya tarik investasi”

“Maka, pelaksanaan penandatanganan nota kesepahaman yang kita laksanakan pada hari ini, memiliki peranan penting dan strategis dalam hal pengadaan kawasan industri di Kabupaten Barru. Sebagai suatu Kawasan Industri maka harus menyediakan lahan/tanah untuk calon investor guna pembangunan industri, serta penyediaan infrastruktur berupa sarana dan prasarana lengkap untuk kebutuhan tenant sesuai dengan master plant kawasan,” paparnya.

Bukan hanya itu, Suardi Saleh berupaya bersama Pemprov Sulsel agar kedepannya Barru bisa menjadi tujuan investasi nasional, terutama jika kawasan industri sudah mulai berjalan optimal.

“Dan kepada PT. Kawasan Industri Makassar (Persero) kami mengucapkan terima kasih atas dimulainya kerjasama pengelolaan kawasan Industri di Kabupaten Barru. Besar harapan kami, agar di masa yang akan datang dapat lebih meningkatkan dan mengembangkan investasinya di Kabupaten Barru,” harapnya.

Sekadar diketahui, MoU ini ditandatangan Muhammad Mahmud selaku Plt Direktur PT Kawasan Industri Makassar, Bupati Barru Suardi Saleh yang disaksikan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah

Tinggalkan Komentar