Gunung Bawakaraeng Kembali Memakan Korban

Wawan Kurniawan (16) meninggal dunia di Puncak Gunung Bawakaraeng, korban diduga meninggal karena hipotermia.

Wawan Kurniawan (16) meninggal dunia di Puncak Gunung Bawakaraeng, korban diduga meninggal karena hipotermia. (Ist)

Gowa, PANRITA.News – Gunung Bawakaraeng di Kabupaten Gowa kembali memakan korban.

Seorang pelajar dari SMA 10 Bulukumba bernama Wawan Kurniawan (16) meninggal dunia di Puncak Gunung Bawakaraeng saat merayakan HUT ke-75 RI, korban diduga meninggal karena hipotermia.

Dari informasi yang dihimpun, korban sebelumnya mengalami hipotermia dan sempat dirawat oleh tim relawan merah putih yang siaga di pos 10 dan sempat pulih.

Lalu kemudian, korban diajak turun namun korban menolak dengan alasan akan turun tanggal (17/08/2020).

Dari data registrasi Basarnas sebanyak 15.228 orang pencinta alam mendaki gunung Bawakaraeng namun dari sekian banyak yang registrasi data Wawan Kurniawan tidak ada di dalam daftar registrasi.

“Wawan mendaki Gunung Bawakaraeng bersama satu temannya pada Rabu (12/8/2020) lalu melalui jalur lembanna dan belum sempat di registrasi oleh Tim Basarnas,” ungkap Tim kepala seksi Basarnas Makassar, Rizal.

Rizal menjelaskan bahwa jenazah Wawan dievakuasi pagi tadi hingga pukul 14.15 Wita hingga diserahkan kepada petugas medis kesehatan Kecamatan Tinggimoncong sembari menunggu keluarga yang telah di hubungi oleh Aparat TNI – Polri.

“Kami menghimbau kepada seluruh teman-teman pengdaki gunung Bawakaraeng agar menyiapkan peralatan, manajemen perjalanan berapa hari akan di gunung Bawakaraeng serta paling penting melakukan registrasi sebelum mendaki supaya bisa di pantau,” lanjut Rizal.

Selain kasus Wawan, ada banyak kasus yang terjadi, diantaranya ada dua kasus hipotermia di pos 8 yang sementara ditangani oleh relawan Tim medis merah putih dan segera dibawa kembali ke kaki gunung bawakareng.

Sebagai informasi, Gunung Bawakaraeng Kabupaten Gowa, Sulsel memiliki ketinggian 2.830 meter di atas permukaan laut dan sangat memungkinkan para pendaki mengalami hipotermia.

Tinggalkan Komentar