Aturan Belum Final, Bank Sulselbar Cabang Sinjai Tunggu Kejelasan Subsidi Bunga

Pimpinan Cabang Bank Sulselbar Sinjai Hendra Saad

Pimpinan Cabang Bank Sulselbar Sinjai, Hendra Saad.

Sinjai, PANRITA.News – Kebijakan stimulus ekonomi yang diberikan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) baru-baru ini rupanya belum langsung diterapkan oleh perbankan. Alhasil, debitur pun belum bisa merasakan langsung kebijakan tersebut.

Pimpinan Cabang Bank Sulselbar Sinjai Hendra Saad saat ditemui di Ruang Kerjanya, Kamis (30/4/2020) mengatakan pihaknya sampai saat ini belum mendapat informasi rinci sehingga kebijakan belum bisa diterapkan.

“Kami belum menerima informasi dan ketentuan lebih rinci baik dari OJK maupun kantor pusat terkait kebijakan tersebut,” jelasnya.

Hendra menjelaskan saat ini pihaknya masih menunggu instruksi dan petunjuk teknis (Juknis) dari kebijakan tersebut. Juknis diperlukan sebagai dasar pelaksanaan kebijakan OJK yang dikeluarkan sebagai respon atas dampak COVID-19.

“Jika instruksi sudah turun, maka pihak bank baru bisa menerapkan kebijakan tersebut kepada debitur UMKM,” katanya.

Menurut Hendra hingga saat ini pihaknya masih menanti kejelasan informasi berkaitan dengan keputusan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati soal rencana pemerintah untuk memberikan subsidi bunga pembiayaan bagi debitur.

“Ini yang kami tunggu kejelasan dari pusat dan kami juga belum menerima apakah kebijakan relaksasi dan restrukturisasi ini berlaku bagi debitur yang hanya terkena dampak covid-19 atau semua debitur UMKM,” tuturnya.

Meski demikian pihaknya saat ini telah menerima sebanyak 15 permohonan dari debitur terkait kebijakan pemerintah dan pihaknya menyakini akan terus bertambah seiring sosialisasi yang dilakukan terhadap masyarakat.

Hendra juga mengajak kepada debitur yang memang memiliki dampak akibat COVID-19 untuk memanfaatkan kebijakan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah.

“Permohonan restrukturisasi itu bisa dilakukan secara langsung mendatangi kantor atau bisa melalui media grup komunikasi ataupun media sosial yang telah kami siapkan,” tambahnya.

Tinggalkan Komentar