Jelang Penerapan PSBB Gowa, Notaris Minta Aktivitas Kenotariatan Tetap Diizinkan

Ketua pengurus daerah Ikatan Notaris Indonesia (INI) Kabupaten Gowa, Supriyanto, SH MKn

Ketua pengurus daerah Ikatan Notaris Indonesia (INI) Kabupaten Gowa, Supriyanto, SH MKn.

Gowa, PANRITA.News – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa akan mulai memberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Gowa pada Rabu (29/4/2020).

Dalam pemberlakuan PSBB, tentunya sejumlah aktivitas masyarakat mulai dibatasi bahkan dihentikan untuk mengantisipasi penyebaran penularan virus Corona (Covid-19).

Namun, sebelum pemberlakuan PSBB tersebut, notaris dan pejabat akta tanah (PPAT) di Gowa berharap agar aktivitas mereka dikecualikan dari penghentian sementara aktivitas kerja kantor.

Ketua pengurus daerah Ikatan Notaris Indonesia (INI) Kabupaten Gowa, Supriyanto, SH MKn mengungkapkan bahwa pihaknya juga secara resmi telah bersurat dan menyampaikan aspirasi notaris kepada pemerintah agar memberi kebijakan terhadap aktivitas kantor notaris untuk tetap dapat berjalan.

“Kami selaku pengurus daerah juga telah bersurat kepada Bapak Bupati agar memberikan kebijakan terhadap notaris di Gowa untuk tetap beroperasi seperti halnya di Kota Tangerang, Bekasi dan beberapa Kota yang juga menerapkan PSBB juga telah mengizinkan aktivitas kerja notaris,” jelasnya dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (25/4/2020).

Hal itu menurut Supriyanto karena notaris/ppat juga merupakan mitra pemerintah daerah dalam pemungutan pajak daerah (BPHTB) guna keseimbangan fiskal daerah.

Di sisi lain, Supriyanto menegaskan bahwa pihaknya tetap menjalankan aktivitas kerja sesuai dengan protokol kesehatan.

“Tentunya dalam menjalankan aktivitas kerja kami dalam melayani kepentingan hukum tetap tunduk dan patuh terhadap protokol kesehatan dan kami juga sadar betul terhadap SOP pencegahan Covid-19,” ujarnya.

“Olehnya itu, sangat besar harapan kami kepada pemerintah Kabupaten Gowa untuk mengakomodir dan mencantumkan dalam aturan PSBB Gowa secara tegas dan jelas untuk mengecualikan aktivitas kerja notaris dari penghentian sementara,” tutup Supriyanto.

Tinggalkan Komentar