Arab Saudi Hentikan Salat Berjamaah 5 Waktu di Masjid Karena Corona

Ilustrasi Masjid.

Makassar, PANRITA.News – Pemerintah Arab Saudi memutuskan untuk menghentikan sementara salat berjamaah 5 waktu di semua masjid, kecuali Dua Masjid Suci di Makkah dan Madinah.

Keputusan tersebut diumumkan pada Selasa (17/3/2020) kemarin.

Hal itu untuk mendorong agar umat Islam untuk salat di rumah daripada di masjid untuk menghindari penyebaran virus corona (Covid-19).

Seperti dilansir AFP, laporan SPA menyatakan masjid-masjid di Saudi akan ditutup sementara untuk ibadah salat lima waktu dan salat Jumat.

Namun, disebutkan SPA dalam laporannya bahwa keputusan menghentikan sementara salat berjemaah di masjid-masjid ini tidak berlaku untuk Masjidil Haram di Mekah dan Masjid Nabawi di Madinah.

“Pintu masjid akan ditutup sementara tetapi mereka akan diizinkan untuk melafalkan panggilan untuk salat,” kata pernyataan itu sebagaimana dilansir Arab News, Rabu (18/3/2020).

Ia juga mengatakan amandemen telah dibuat untuk panggilan azan di mana frasa yang berbunyi “Marilah kita salat” dalam bahasa Arab telah diganti dengan “salatlah di rumah.”

Ungkapan baru juga dapat diterjemahkan sebagai “salatlah di mana Anda berada”.

Pernyataan itu juga mengatakan bahwa salat Jumat yang dilakukan berjamaah sekarang dapat dilakukan oleh umat Islam di rumah.

Tinggalkan Komentar