34 Tentara Turki Tewas dalam Serangan Udara Rusia

34 Tentara Turki Tewas dalam Serangan Udara Rusia

Seorang anak laki-laki mengenakan bendera Turki berdiri di samping seorang tentara Turki di kota Tal Abyad, Suriah. (Foto: Reuters)

PANRITA.News – Kabar menegangkan datang dari Idlib, Suriah dan Hatay, Turki. Pasalnya, puluhan tentara Turki tewas akibat serangan udara Rusia.

Peristiwa ini terjadi Kamis malam atau Jumat dini hari waktu setempat.

Observatorium Suriah, sebuah pemantau perang, mengatakan, sebanyak 34 tentara Turki tewas dalam serangan udara di Idlib.

Dikutip dari BBC, Jumat (28/2/2020), Gubernur Provinsi Hatay, Turki, Rahmi Dogan mengatakan ada lebih banyak lagi yang terluka di Provinsi Idlib.

Diketahui, pasukan Suriah yang didukung Rusia berusaha merebut kembali Idlib dari pemberontak yang didukung tentara Turki.

Pihak berwenang Suriah sejauh ini tidak berkomentar mengenai eskalasi terbaru di Idlib, provinsi terakhir Suriah yang tetap berada di tangan oposisi.

Militer Turki mulai memukul balik Suriah setelah Presiden Recep Tayyip Erdogan mengadakan pertemuan keamanan tingkat tinggi yang mendesak di Ankara.

Pemimpin Turki menginginkan pasukan pemerintah Suriah untuk mundur dari posisi tempat Turki telah mendirikan pos-pos pengamatan militer.

Tetapi pemerintah Suriah dan Rusia menolak permintaan untuk mundur ke garis gencatan senjata yang disepakati pada 2018. Rusia juga menuduh Turki melanggar gencatan senjata 2018 dengan mendukung pemberontak dengan tembakan artileri.

Pertempuran di Idlib telah mengusir hampir 1 juta warga Suriah dari rumah mereka sejak Desember. PBB mengatakan pertempuran skala penuh di sana dapat mengakibatkan “pertumpahan darah”.

Tinggalkan Komentar