Arab Saudi Setop Kedatangan Jemaah Umrah dan Wisata

Ilustrasi Jemaah Umrah.

PANRITA.News – Pemerintah Arab Saudi memutuskan menangguhkan untuk sementara kedatangan jemaah umrah dan mengunjungi Masjid Nabawi.

Hal itu disampaikan Kementerian Luar Negeri Arab Saudi. Kebijakan tersebut berlaku mulai Kamis (27/2/2020)

Dikutip dari Arab News, Arab Saudi juga telah menangguhkan visa turis yang datang dari negara-negara dengan kasus virus corona.

Keputusan itu sebagai upaya pemerintah Arab Saudi mencegah penyebaran virus corona, atas rekomendasi Kementerian Kesehatan Arab Saudi. 

Penangguhan tersebut berlaku untuk semua negara termasuk Indonesia.

Kementerian Luar Negeri Arab Saudi menyampaikan otoritas kesehatan di Arab Saudi terus mengikuti perkembangan corona virus (Covid-19).

Tindakan tersebut dilakukan untuk tindakan pencegahan serta perlindungan terbaik bagi keselamatan warga dan setiap orang yang berniat mengunjungi Arab Saudi, baik untuk tujuan umrah maupun wisata.

“Tindakan pencegahan ini berdasarkan dari rekomendasi otoritas kesehatan untuk menerapkan standar kehati-hatian tertinggi dan mengambil langkah-langkah pencegahan proaktif untuk mencegah masuknya virus corona ke Arab Saudi,” demikian tulis Kemenlu dalam sebuah pernyataan.

Kendati demikian, Arab Saudi menegaskan bahwa prosedur ini bersifat sementara, dan harus dievaluasi terus menerus oleh pihak yang berwenang. Kementerian Luar Negeri meminta warga untuk tidak melakukan perjalanan ke negara-negara di mana virus corona baru menyebar.

Sejauh ini, tercatat tujuh warga Saudi yang positif virus corona di Bahrain dan Kuwait.

Tinggalkan Komentar