Jokowi Tanggapi Kisruh Susi vs Edhy Soal Benih Lobster, Bela Siapa?

Rencana Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo untuk membuka keran ekspor benih lobster menuai sejumlah kontroversi.

Meskipun masih dalam tahap pengkajian dan jauh dari kata pengesahan, wacana ini sudah menuai banyak banyak kontroversi dari netizen melalui berbagai media sosial.

Tak hanya itu, Menteri Kelautan dan Perikanan periode sebelumnya, Susi Pudjiastuti juga langsung reaktif mengetahui informasi ini.

Melalui Instagram dan Twitternya, Susi menyampaikan ketidaksetujuannya atas rencana yang tengah digodok Edhy di Kementerian KKP.

Susi menganggap benih lobster yang ditangkap dan dijual ke negara lain hanya merugikan Indonesia, baik dari segi finansial maupun keutuhan ekosistem.

Bertolak belakang dengan Susi, Edhy berpendapat kebijakan ini harus ia lakukan sebagai langkah untuk memerhatikan kesejahteraan para nelayan, dengan tidak mengabaikan kelestarian lobster di lautan.

Alasan lain, Edhy menyatakan pelarangan ekspor tidak bisa menghentikan penyelundupan benih lobster yang ada di Indonesia. Jadi, menurutnya akan lebih baik apabila perdagangan benih lobster itu terpantau melalui cara legal, sehingga lebih menguntungkan nelayan juga Negara.

Di pihak lain, Presiden Jokowi juga memberikan tanggapan terkait seteru yang terjadi antara Edhy dan Susi. Entah berpihak pada Edhy atau Susi, Jokowi memberikan jawaban yang seolah menengahi keduanya.

Simak ulasan selengkapnya melalui video di atas!

Tinggalkan Komentar