BPKN RI Sukses Gelar Sosialisasi Penganugerahan Raksa Nugraha di Makassar

BPKN RI Sukses Gelar Sosialisasi Penganugerahan Raksa Nugraha di Makassar

BPKN RI Sukses Gelar Sosialisasi Penganugerahan Raksa Nugraha di Makassar.

Makassar, PANRITA.News – Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) RI sukses menggelar Sosialisasi Penganugerahan Raksa Nugraha di Hotel Santika Makassar, Jl. Sultan Hasanuddin, Rabu (24/7/2019).

Dalam kegiatan ini, hadir sebagai narasumber dianataranya Komisioner BPKN RI Andi Muhammad Rusdi Galigo dan Chairman Of Indonesia Institute for Corporate Governance Gendut Suprayitno.

Sejak UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen mulai diundangkan hingga saat ini yang lebih dari 20 tahun masih banyak masyarakat dan pelaku usaha belum mengetahui hak dan kewajibannya.

“Ketidaktahuan ini menyebabkan banyak terjadi insiden pelanggaran hak konsumen, namun kesadaran konsumen mengadukan permasalahannya masih rendah,” ungka Rusdi.

Olehnya, kata Rusdi, dalam rangka memasyarakatkan sikap keberpihakan masyakarat terhadap perlindungan Konsumen, khususnya pelaku usaha maka BPKN hadir sebagai jembatan pendorong bagi pelaku usaha.

“Jadi, kami apresiasi kepada pihak yang peduli dengan perlindungan Konsumen. Apresiasia itu kami beri nama Consumer Protection Award,” ungkapnya.

Raksa Nugraha Indonesia Consumer Protection Award, merupakan ajang penghargaan kepada pelaku usaha di Indonesia yang mau dan mampu menyelenggarakan program perlindungan konsumen dalam mendukung pratik bisnis baik, beretika, dan bertanggungjawab agar dapat tumbuh berkelanjutan.

Rusdi menilai, rendahnya kesadaran konsumen dan pelaku usaha terhadap perlindungan konsumen juga disebabkan kurangnya perhatian serta komitmen pemerintah pusat dan pemda terhadap masyarakat.

Rusdi mengajak masyakarat atau pelaku usaha untuk menyampaikan keluh kesahnya kepada pemerintah Melalui BKPN. Bahkan, kata Rusdi, bagi pelaku usaha diberikan kesempatan bagi yang ingin mengikuti rating penilain Raksa Nugraha secara gratis.

Sementara itu Koordinator Komisi Komunikasi dan Edukasi BPKN, Arief Safari mengatakan, Penganugerahan Raksa Nugraha ini akan meningkatkan citra perusahaan sebagai pelaku usaha yang bertanggungjawab dan peduli terhadap konsumennya.

“Ini akan meningkatkan loyatitas konsumen lama terhadap pelaku usaha, dan juga, konsumen baru akan tertarik,” pungkasnya.

Dalam sosialisasi ini juga menghadirkan Disperindag Kota Makassar, LPKSM, BPSK, dan para pelaku usaha sebagai peserta.

Tinggalkan Komentar