5 Sayuran Ampuh Turunkan Hipertensi

Makassar, PANRITA.News – Dokter spesialis gizi klinik, Inge Permadhi, mengatakan hipertensi disebabkan tubuh terlalu banyak mengkonsumsi natrium.

“Jadi cara menurunkan hipertensi adalah memakan makanan yang mengandung banyak kalium,” kata Inge.

Inge menjelaskan, sayuran hijau dinilai efektif untuk menurunkan atau mengontrol hipertensi karena tinggi akan kalium.

Berikut ini beberapa sayuran yang tinggi kalium dan dapat menurunkan hipertensi menurut Inge.

  1. Bayam

Ada magnesium yang dikandung oleh bayam, berfungsi untuk menurunkan serta mengontrol tekanan darah tinggi. Bayam juga bermanfaat menyehatkan pembuluh darah arteri sehingga tidak mengalami kaku dan pengerasan.

2. Seledri

Seledri mengandung kalium serta phthalide yang berkhasiat melenturkan dinding pembuluh darah arteri serta membantu melancarkan aliran darah. Mengkonsumsi seledri juga bisa menurunkan hormon stres yang biasanya tinggi pada pasien hipetensi, sehingga membantu menurunkan tekanan darah.

3. Buncis

Buncis memiliki berbagai kandungan vitamin dan mineral yang sangat berguna bagi tubuh dan dapat menurunkan tingginya tekanan darah.

4. Wortel

Pada wortel terdapat zat bernama beta-caroten serta kalium, yang bermanfaat menormalkan detak jantung serta fungsi ginjal. Detak jantung yang tidak normal adalah komplikasi yang biasanya dialami oleh pasien hipertensi. Konsumsi wortel secara teratur agar kondisi jantung dan tekanannya normal kembali.

5. Tomat

Tomat mengandung kalsium, kalium, dan vitamin C. Kalium dan kalsium ini dapat membantu tubuh dalam menurunkan tekanan darah yang tinggi.

Tinggalkan Komentar