Video: Bupati Bantaeng Jadi Komandan Upacara Geladi Kotor Pelantikan Praja IPDN

Jatinangor, PANRITA.News – Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin dijadwalkan akan menjadi komandan upacara pada pelantikan Pamong Praja Muda (PPM) lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) angkatan XXVI.

Kegiatan pelantikan ini rencananya akan dilaksanalan pada 26 Juli mendatang dan dihadiri oleh Presiden RI, Joko Widodo. Kehadiran Joko Widodo sebagai orang nomor satu di Republik Indonesia ini dijadwalkan untuk menjadi inspektur upacara dalam pelantikan itu.

Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin sudah mengikuti geladi kotor di Kampus IPDN Jatinangor, Jawa Barat sejak Selasa dan Rabu, 17 Juli 2019. Dalam video berdurasi 49 detik yang dikirim dari kampus IPDN Jatinangor, terlihat Ilham Azikin berada di lapangan upacara dengan mengenakan kemeja putih. Ratusan praja IPDN terlibat berbaris rapi di belakangnya.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Bantaeng, Ismul Alam Basir mengatakan, Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin ditunjuk dan disiapkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk menjadi komandan upacara dalam pelantikan itu. Penunjukannya tertuang dalam surat yang dikirim melalui kampus IPDN Jatinangor, tertanggal 12 Juli 2019.

“Beliau telah berada di Kampus IPDN Jatinangor, Jawa Barat sejak Selasa hingga hari ini untuk melaksanakan latihan atau geladi kotor persiapan teknis upacara pelantikan tersebut,” kata Kabag Humas dan Protokol Pemkab Bantaeng, Ismul Alam Basir.

Sekedar diketahui, Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin juga adalah alumni STPDN (Sekarang IPDN). Dia diketahui adalah alumni angkatan V di STPDN.

Selama ini, Kampus IPDN membekali pamong praja muda dengan ilmu dan teori kepemerintahan serta pembentukan mental kepribadian.

Pembekalan ilmu ini dilakukan melalui berbagai model pembelajaran. Mulai dari praktik lapangan, serta Program Bhakti Karya Praja dan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Setiap tahun, kampus ini melakukan proses pelantikan untuk lulusan Pamong Praja Muda. Presiden RI selalu menghadiri upacara pelantikan tersebut.(*)

Tinggalkan Komentar