Iqbal Suhaeb Jawab Pandangan Umum Fraksi DPRD Kota Makassar

Rapat Paripurna yang berlangsung di Ruang Rapat Paripurna DPRD Makassar, Jl A.P. Petta Rani, Makassar, Senin (8/7/2019).

Rapat Paripurna yang berlangsung di Ruang Rapat Paripurna DPRD Makassar, Jl A.P. Petta Rani, Makassar, Senin (8/7/2019).

Makassar, PANRITA.News – DPRD Kota Makassar menggelar Rapat Paripurna yang dihadiri Pj Wali Kota Makassar untuk menjawab pandangan umum fraksi-fraksi atas Pertanggungjawaban Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2018.

Rapat ini berlangsung di Ruang Rapat Paripurna DPRD Makassar, Jl A.P. Petta Rani, Makassar, Senin (8/7/2019).

Iqbal merespon atas pandangan umum beberapa fraksi yang mempertanyakan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang tidak mencapai target dan hanya terealisasi sebesar Rp 136,16 M.

Iqbal pun menjelaskan bahwa kondisi perekonomian di Makassar melambat, sehingga mempengaruhi realisasi penerimaan dari beberapa jenis pajak daerah tidak mencapai target seperti Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

“Jika dlbandingkan dengan tahun 2017 jumlah berkas sebanyak 8.140 transaksi sedangkan jumlah transaksi di tahun 2018 hanya mencapai 7.508 transaksi sehingga mengalami penurunan,” urainya.

Namun, Iqbal akan mengupayakan adanya peningkatan penerimaan PAD melalui peningkatan kinerja, kreatifitas, dan inovasi melalui serangkaian upaya ekstensifikasi antara lain perbaikan regulasi.

Selain itu, Iqbal juga menjawab atas diterapkannya sistem zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang masih menyisakan persoalan belum tertampungnya seluruh peserta didik di sekolah negeri milik Pemkot Makassar.

“Dinas Pendidikan Kota Makassar mengantisipasi dengan melakukan regrouping. Tentu saat ini pihak Pemkot sendiri telah menambah 10 SMPN baru yang tersebar di tujuh kecamatan di Kota Makassar. Hal ini bisa membantu menampung siswa sebanyak 1.500 siswa,” jawab Iqbal.

Tinggalkan Komentar