Ingin Sejahterakan Petani, Panen Mart Minta Dukungan Wagub Sulsel

Akmal Chaer, mewakili Panen Mart menemui Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, di Rumah Jabatan Wakil Gubernur, Kamis (27/6/2019).

Akmal Chaer, mewakili Panen Mart menemui Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, di Rumah Jabatan Wakil Gubernur, Kamis (27/6/2019).

Makassar, PANRITA.News – Untuk mewujudkan produksi, distribusi dan konsumsi pangan secara lebih berkeadilan dengan membentuk harga pangan yang sesuai serta pasokan yang berkelanjutan, Panen Mart menemui Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, di Rumah Jabatan Wakil Gubernur, Kamis (27/6/2019).

Panen Mart merupakan social-enterprise yang mengembangkan solusi teknologi dan sistem informasi, khususnya petani.

“Kami terus mempelajari bagaimana cara agar mensejahterakan petani. Dimulai dari Sulawesi Selatan, kami memiliki cita-cita tersebut. Kami mulai di beberapa kabupaten dan fokus market masih di Makassar,” ujar Akmal Chaer, mewakili Panen Mart.

Ia menjelaskan, Panen Mart memberikan market akses ke petani, dengan harapan harga bisa dikontrol. Pihaknya telah memulai di tahun 2016, dan di tahun 2017 dilakukan panen festival, dengan harapan membuka pandangan masyarakat, jika di Panen Mart masyarakat bisa membeli langsung dari petani.

Sementara, Wakil Gubernur Andi Sudirman Sulaiman, mengapresiasi kehadiran Panen Mart. Ia mengingatkan, persoalan pertanian di Sulsel butuh pendekatan manajemen yang baik.

“Ini sangat bagus sekali. Dalam proses berjalannya, selalu kedepankan kerja sama, apa yang harus dikerjakan kedepan atau apa yang harus di kedepankan. Harus ada tempat representative, staypermanen sehingga masyarakat mampu melihat langsung kebutuhannya,” kata Andi Sudirman.

Ia menambahkan, tantangan Panen Mart luar biasa. Apalagi, menjaga kepercayaan petani itu susah.

“Kenali kompetitor lalu berkolaborasi. Tapi ini ide bagus sekali, saya pribadi dan pemerintah akan mendukung, karena memihak para petani,” imbuhnya.

Tinggalkan Komentar