Siap-siap, Pendaftaran Pegawai Setara PNS Dibuka Besok

Jakarta, PANRITA.News –¬†Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan membuka pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada 8 Februari besok. Pegawai ini setara dengan pegawai negeri sipil (PNS).

Adapun cara pendaftarannya diketahui hampir sama dengan rekrutmen CPNS yang telah dilaksanakan 2018 lalu.

Kasubag Hubungan Media dan Antarlembaga Biro Humas BKN Diah Eka Palupi, mengatakan proses pendaftarannya hampir sama dengan pelaksanaan pembukaan CPNS di tahun-tahun sebelumnya. Hanya saja, yang membedakan adalah laman pendaftarannya.

“Mirip-mirip lah proses pendaftarannya. Kalau website-nya lain,” katanya, Kamis (7/2/2019).

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB, Mudzakir. Menurutnya pelaksanaan pendaftaran hampir sama dengan CPNS yakni secara online.

“Hampir sama nanti secara online,” jelasnya.

Dikutip dari Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2018, pengumuman lowongan paling singkat dilaksanakan selama 15 hari. Adapun, beberapa informasi yang mesti ditulis dalam pengumuman adalah:

  • Nama jabatan
  • Jumlah lowongan jabatan
  • Unit kerja penempatan/instansi yang membutuhkan
  • Kualifikasi pendidik atau sertifikasi profesi
  • Alamat dan tempat lamaran ditujukan
  • Jadwal tahapan seleksi
  • Syarat yang harus dipenuhi oleh setiap pelamar

Formasi yang Dibuka

Berdasarkan lansiran dari akun Twitter resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN), Kamis (7/2/2019) penerimaan tersebut bagian dari tahapan pertama. Adapun, formasi yang dibuka adalah untuk tenaga honorer guru, tenaga kesehatan, tenaga harian lepas pertanian dan dosen PTN baru.

“Seleksi P3K Tahap I hanya untuk eks THK2 guru, nakes, THL Pertanian & dosen PTN baru,” bunyi cuitan tersebut.

Lebih lanjut, saat ini pihaknya juga sedang berkoordinasi dengan kementerian lainnya, seperti Kementerian PAN-RB, Kemendikbud, Kementan, Kemenkes, Kemenristekdikti, dan Kemenag untuk mendata formasi tenaga honorer lain yang dibutuhkan.

“Saat ini BKN tenaga berkoordinasi dengan Kemenpan RB, Kemendikbud, Kementan, Kemenkes, Kemenristekdikti & Kemendag untuk memastikan validitas eks THK2 yang sudah ada di database BKN,” jelas BKN.

Sementara itu, Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB Mudzakir menjelaskan saat ini pihaknya belum bisa menyebut jumlah formasi yang akan dibuka. Dia bilang, formasinya masih dimatangkan.

Selain itu, nantinya juga akan dibuka formasi PPPK untuk umum. Artinya, waktu pelaksanaan seleksi PPPK untuk honorer dan umum berbeda.

“Detailnya formasinya nanti diumumkan. Nanti akan dibuka yang formasi umum,” tutup dia.

Leave a Reply