Balitbangda Makassar Gelar Bimtek Forum Inovasi Daerah, Libatkan Masyarakat Umum

Makassar, PANRITA.News – Demi mendorong kemajuan, Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kota Makassar menggelar  kegiatan Forum Inovasi Daerah di Hotel Arthama, Jalan Haji Bau Makassar, Kamis (31/1/2019) malam.

Sesuai dengan tema kegiatan yang diusung  adalah “Membangun Sinergitas Penta Helix dalam Berinovasi di Kota Makassar”.

Pelaksana Tugas Kepala Balitbangda Kota Makassar, Nur Kamarul Zaman, dalam laporannya selaku ketua panitia mengatakan bahwa kegiatan Forum Inovasi Daerah ini dimaksudkan untuk menguatkan sinergitas antara para pelaku inovasi khususnya dalam struktur satuan kerja perangkat daerah.

“Didalamnya mencakup semua mengenai  peningkatan kinerja penyelenggara aparat  pemerintahan, pelayanan publik, pemberdayaan dan peran serta masyarakat, guna peningkatan daya saing daerah,” ujarnya.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang hanya melibatkan instansi non pemerintahan tertentu dalam mengembangkan inovasi di Makassar. Tahun ini, pihak Nur Kamarul mengaku sengaja melibatkan masyarakat umum agar seluruh komponen dapat mengetahui inovasi yang dikeluarkan oleh pemerintah Kota Makassar.

“Pemkot Makassat mempunyai 185 inovasi, bahkan lebih dari itu, paling hanya SKPD saja yang tahu, masyarakat umum tidak mengetahui, sekarang kita mau rangkul semua elemen masyarakat, mungkin banyak inovasi di luar yang bisa dijadikan direplika oleh pemerintah kota,” urainya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar, Muhammad Anshar, yang mewakili Wali kota mengemukakan, bahwa forum inovasi daerah merupakan forum bagi organisasi pemerintahan untuk menciptakan berbagai kreatifitas Inovasi di SKPD nya.

Menurutnya, pemerintah adalah organisasi pemegang kekuasaan untuk melakukan berbagai cara, dalam melaksanakan inovasi sebagai bentuk kreatifitas, memajukan berbagai pelayanan publik suatu pemerintahan.

“Beberapa negara top down hancur dengan sendirinya, diakibatkan tidak adanya kreatifitas untuk melakukan inovasi, sehingga tergilas.dan tersisihkan Itulah penngnya sebuah krearifitas inovasi dalam suatu  pemerintahan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini diantaranya  Prof. Deddy T.Tikson, M.Sc,Ph.D, DR.Eng Ihsan, dan Drs. Abdul Madjid, M.Si.

Leave a Reply