Gerakan Penggunaan Tumblr yang Digagas Pemda Bulukumba Mulai Diterapkan di Desa

Bulukumba, PANRITA.News – Setelah beberapa hari yang lalu, Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan melaunching dan mengkampanyekan Gerakan Penggunaan Tumblr.

Kini Desa Bialo Kecamatan Gantarang ikut ambil bagian dalam gerakan ini, sebagai upaya dalam rangka mengurangi penggunaan sampah plastik.

Kepala Desa Bialo, Agusriadi Maula menginstruksikan seluruh jajaran stafnya untuk menggunakan tumblr sebagai pengganti gelas atau botol air minum kemasan sekali pakai.

Menurutnya, program tersebut menjadi bagian dari gerakan cinta lingkungan yang mulai diterapkan sejak Senin, 28 Januari 2019.

Agusriadi mengungkapkan, gerakan membawa tumblr dilakukan untuk mendukung upaya pengelolaan sampah optimal di desa tersebut.

“Ini bagian dari kontribusi kami dalam pengurangan sampah plastik dengan membawa botol air minum sendiri,” ujarnya.

Selain itu, dalam program bidang lingkungan lainnya, Pemerintah Desa Bialo telah membentuk Bank Sampah dengan kegiatan penyediaan karung sampah plastik sebanyak 500 lembar yang dibagikan kepada rumah-rumah masyarakat oleh pengelola Bank Sampah.

Semua sampah plastik yang ada di masyarakat, kata Agusriadi akan dijemput oleh pengelola untuk ditimbang. Hasil timbangan sampah itu akan dimasukkan dalam rekening nasabah.

“Nilai uang hasil timbangan akan disesuaikaan dengan harga sembako seperti gula pasir, terigu, minyak goreng dan lainnya. Sedangkan bagi anak akan dihargai dengan perlengkapan sekolah mereka,” katanya.

Menurutnya, sasaran penggunaan tumblr sebagai salah satu contoh perilaku dalam pengurangan sampah plastik sebaiknya dimulai dari aparat desa, poskesdes, dan BPD. Rencananya dalam musrenbang, penggunaan tumblr akan dibahas.

“Kita akan bikin rancang peraturan kepala desa tentang pengelolaan sampah termasuk penggunaan tumblr,” imbuhnya.

Desa Bialo melalui kepemimpinan Kades Agusriadi Maula diketahui sudah melakukan berbagai kegiatan inovasi dan pemberdayaan di desanya.

Beberapa tahun silam, pihaknya yang pertama menginisiasi adanya ambulance desa, pengelolaan Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL) Terpadu. Dan baru-baru ini mengeluarkan peraturan desa tentang Pencegahan Pernikahan Dini.   

Leave a Reply