Soal Polemik Pembebasan Abu Bakar Ba’asyir, AHY Pertanyakan Sikap Presiden

Lamongan, PANRITA.News – Komandan Kogasma Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengikuti konsolidasi Demokrat di gedung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI), Jalan Soemargo Lamongan, Kamis (24/01/2019). Ia menyinggung soal pembebasan Ustaz Abu Bakar Ba’asyir usai menghadiri pertemuan tersebut.

AHY meminta pemerintah memperjelas tindak lanjut rencana pembebasan bersyarat Abu Bakar Ba’asyir. Pemerintah diminta tidak membuat kisruh di lingkup internalnya. 

“Saya pikir pemerintah harus bisa menjelaskan seterang-terangnya kepada masyarakat, kepada kita semuanya. Penjelasan pemerintah secara terang itu sangat perlu, dan jangan sampai kemudian menjadi kisruh sendiri,” ujar AHY.

AHY menyoroti pengambilan keputusan yang dilakukan pemerintah. Sebab, setelah ramai dibahas soal pembebasan Ba’asyir, pemerintah lewat Menko Polhukam Wiranto menegaskan kajian atas pertimbangan pembebasan Ba’asyir masih dilakukan.

“Kita juga patut mempertanyakan bagaimana proses pengambilan keputusan di tingkat tertinggi, di tingkat presiden, sampai dengan menjadi polemik yang berkepanjangan di masyarakat, karena ini tidak baik,” jelasnya.

Dia berharap proses hukum tidak dikaitkan dengan urusan politik. 

“Saya dan kita semua tentu berharap tidak ada kasus atau proses hukum yang diintervensi oleh politik, Sebab, jika itu sampai terjadi, maka tidak baik dan tidak dibenarkan di negara hukum di Indonesia ini. Yang dikedepankan adalah hukum sebagai panglima, bukan politik sebagai panglima,” tuturnya.

Tinggalkan Komentar