Moeldoko Sebut Di Era Jokowi Tak Ada Kasus Korupsi Kementerian

Jakarta, PANRITA.News – Kepala Staf Presiden (KSP), Moeldoko menanggapi isu maraknya praktek korupsi yang dialamatkan pada permerintahan Joko Widodo (Jokowi). Ia mengatakan masih maraknya perbuatan korupsi tidak bisa serta merta langsung ditarik sebagai kesalahan Jokowi.

“Ya kan kita bisa lihat, korupsi ada dimana sih sekarang? Korupsi ada di pemerintahan daerah, nah relatif korupsi di kementerian kan ndak ada. Ndak ada maksudnya enggak seperti yang ditunjukkan para bupati dan seterusnya,” kata Moeldoko di Jakarta, Kamis (29/11/2018) lalu.

Menurut dia, apabila dikaitkan dengan konteks otonomi seperti sekarang ini maka hal tersebut pemegang otoritas adalah para kepala daerah. Sehingga, bukan berarti semua diurusi oleh pemerintah pusat mengingat konteksnya berbeda.

“Jadi indikatornya kalau kementerian banyak itu, presiden bisa dilihat ada sebuah yang salah dalam leadership. Tapi yang terjadi rata-rata di DPR, kabupaten, wali kota, enggak ada masalah. Ngerti ya? Jadi enggak langsung, oh ini presiden. Ndak,” tandasnya.

Sebelumnya, calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto mengatakan elite pemerintahan Indonesia yang sarat korupsi dan suap-menyuap. Hal ittu disampaikan Prabowo dalam The World in 2019 Gala Dinner di Hotel Grand Hyatt, Prabowo mengatakan korupsi di Indonesia sudah seperti kanker stadium empat.

“Isu utama di Indonesia sekarang adalah maraknya korupsi,” ujar Prabowo saat menjadi pembicara dalam forum internasional itu Selasa malam, 27 November 2018, dalam rilis yang dikirim oleh tim medianya.

Tinggalkan Komentar