Miris! Punya 300 Nasabah, Polisi Bongkar Sindikat Penyedia Kredit dengan Jaminan Foto Bugil

Jakarta, PANRITA.News – Ada fenomena aneh juga miris di China. Fenomena mengajukan kredit dengan agunan yang tak biasa: video dan foto bugil. Hal ini dikutip dari berbagai sumber, Kamis (29/11/2018),

Fenomena tersebut sudah terjadi sejak 2 tahun lalu hingga saat ini. Otoritas keamanan setempat mencurigai ada sindikat yang menggerakkan bisnis ini.

Adapun korban-korban mereka ini adalah generasi milenial dan mayoritas mereka yang lahir setelah tahun 1990. Laporan dari ABC mencatat, menurut penelitian terbaru dari perusahaan teknologi keuangan Ant Financial, 45 juta dari 170 juta orang yang lahir setelah 1990 di China memiliki akun microloan Ant Check Later

Sindikat ini melakukan hal tersebut karena menilai generasi milenial memiliki keinginan tinggi untuk berutang atau mendapatkan kredit, namun kemampuan dan akses mereka sangat rendah. Generasi milenial dianggap generasi yang putus asa karena tak memiliki jaminan apapun ketika ingin mengajukan kredit.

Pertengahan tahun ini, Otoritas keamanan umum di Shenzhen ini membongkar sindikat yang sudah memiliki 300 nasabah, atau lebih pantas disebut korban. Kebanyakan korban meminjam uang untuk berjudi, gadget juga kosmetik. Bahkan satu wanita dilaporkan berutang sampai 1 juta yuan (US$ 147.200).

Seperti yang lainnya, dia diminta untuk mengirimkan video dan foto bugil ke anggota sindikat tersebut. Dia juga diminta berjanji untuk mengembalikan uang dalam waktu yang dijanjikan.

Polisi menemukan lusinan video disimpan di ponsel pelaku yang menjadi otak dari sindikat ini.

Leave a Reply