Listrik Padam, Sahabat Prabowo Sandi: Kasihan Emak-emak, Ojek Online dan UKM

Makassar, PANRITA.News – Juru Bicara Sahabat Prabowo Sandi, Putri Utami Muis sesalkan pemadaman listrik yang terjadi sejak Kamis (15/11/2018) sore hingga Jumat (26/11/2018) pagi di Sulawesi Selatan (Sulsel) .

Menurutnya, pemadaman listrik yang menimpa beberapa provinsi di bagian timur selama 2 hari itu membuat masyarakat mengalami banyak kerugian. Khususnya di Sulsel, masyarakat tidak bisa menjalankan aktivitasnya seperti biasa.

“Kasihan emak-emak yang punya anak bayi dan mengurus rumah tangga, kasihan ojek online, kasihan anak muda yg punya usaha, terlebih bapak-bapak yang sedang mencari nafkah tapi tempat kerjanya tidak punya genset” ujar Pute’ dalam keterangannya, Sabtu (17/11/2018).

Seperti dilansir dari beberapa sumber, penyebab terjadinya pemadaman listrik yg cukup lama tersebut karena PLTA di beberapa titik di Sulawesi mengalami gangguan. Hal itu menurut Pute’ adalah tanda ketidaksigapan pemerintah dalam menangani urusan energi yang satu ini.

“Penanganan cepat yang masyarakat butuhkan, kami harap Pemerintah memperhatikan masalah ini. Usaha berbasis UKM akan mandeg jikalau listrik padam” tegas Caleg DPR RI Sulsel 1 itu.

Politisi PAN ini mencontohkan masalah yang ditimbulkan jika listrik padam dan tidak diinformasikan lebih awal oleh pemerintah.

Ia bercerita saat mengantar ibunya ke Rumah Sakit untuk check up tapi administrasinya tidak dapat diproses lantaran komputer mati. Begitupun dengan genset di RS tersebut kehabisan solar karena digunakan untuk pasien operasi semalaman.

“Ini harus menjadi perhatian kita bersama, karena untuk kepentingan kita bersama pula” Tutup Pute’.

Sebelumnya, General Manager PLN Unit Induk Pembangkitan dan Penyaluran Sulawesi Purnomo Iskak menjelaskan, sejak pukul 07.40 Wita, pasokan daya masuk dalam sistem kelistrikan Sulawesi Bagian Selatan ialah 400 MW dan hingga siang hari, pasokan daya masuk di Sistem Sulawesi Bagian Selatan sudah meningkat menjadi 470 MW.

Dijelaskan, penyebab listrik padam tersebut ada tiga, yaitu gangguan akibat cuaca buruk di Transmisi Line Makale – Palopo. Lalu gangguan di Transmisi Line 275 kV Poso – Latuppa disebabkan malafungsi.

Leave a Reply