JD.com Kirim Barang ke Pelanggan Pakai Drone

Salah satu drone JD.com (Foto: ANTARAnews)

Salah satu drone JD.com (Foto: ANTARAnews)

Beijing, PANRITA.News – Salah satu e-commerce terbesar di China, JD.com mewujudkan pengiriman barang ke pelanggan memakai drone. Sejumlah drone berbagai ukuran dipamerkan di kantor pusat JD di Beijing, China.

Drone-drone itu digunakan JD.com untuk memangkas waktu ke daerah-daerah terpencil di pelosok China di mana transportasi darat terlampau mahal atau lambat.

“Lebih dari 100 desa sudah dilayani oleh drone, dan kami yang pertama di China yang mengantar barang pesawanan pakai drone setiap harinya,” kata Vice-President, International Communications, JDcom Gloria Li di Beijing, China, Minggu.

Pilot program untuk pengiriman menggunakan drone, JD drone, dimulai JD.com pada 2016 dan berkembang hingga sekarang.

“Ini adalah cara yang efektif, aman, dan terpercaya untuk mengantar barang ke daerah terpencil di China yang saat ini kurang terlayani oleh industri e-commerce,” kata Gloria.

Drone akan bekerja mengirim barang dari stasiun pengiriman regional ke partner-partner JD di desa yang kemudian akan mendistribusikan pesanan ke konsumen.

“Ini sangat membantu kami memangkas waktu kirim dan biaya logistik secara signifikan,” kata Gloria.

Setidaknya ada tujuh jenis drone JD.com yang mampu terbang 30 sampai satu jam sekali charge dengan beban 5-30 kilo gram.

JD bukanlah satu-satunya yang memanfaatkan pesawat nirawak untuk mengirim barang, Amazon sudah melakukan hal serupa sebelumnya.

Sumber: Antara |

Tinggalkan Komentar