Ngeri! Ini Dampak Layar Gadget Bagi Hidup Anda

PANRITA.News – Sering menghabiskan waktu dengan ponsel dan tablet, kerap dihubungkan dengan memburuknya kesehatan mental. Namun penelitian menyebutkan bahwa, ada berbagai macam dampak yang bisa ditimbulkan jika terlalu lama di depan layar android. Penjelasannya terangkum dalam penjelasan berikut:

1. Penglihatan terganggu

Dengan berlama-lama melihat layar smartphone bisa mengakibatkan penglihatan kita terganggu. Dalam dunia kedokteran gangguan penglihatan ini disebut Computer Vision Syndrome (CVS) dengan gejala mata kering karena jarang berkedip. Untuk mencegahnya, kurangi durasi memandangi layar smartphone, hindari menggunakan smartphone di tempat gelap yang memicu otot dan syaraf mata bekerja lebih berat, atau tidak menggunakan smartphone dalam posisi miring atau sambil tiduran.

2. Pandangan Kabur

Lama memandangi layar smartphone membuat otot mata menjadi tegang. Otot mata yang tegang biasanya tidak mampu fokus dengan cepat pada jarak yang berbeda. Kondisi ini biasa disebut Blurry Vision. Mengatasinya, jika kamu habis memandangi layar smartphone yang cukup lama, pejamkan mata terlebih dahulu sebelum sekitar 10 detik sebelum memandang ke arah yang berbeda.

3. Sakit Kepala

Akibat posisi leher yang salah dan otot mata yang tegang karena sering melihat layar smartphone bisa juga menimbulkan sakit kepala. Selain itu, kemungkinan terburuknya dapat mengakibatkan rabun jauh. Untuk meminimalisir kemungkinan buruk tersebut bisa dengan istirahat yang cukup, kurangi melihat layar smartphone dalam waktu lama, usahakan jarak mata terhadap smartphone tidak terlalu dekat (kurang dari 20 cm).

4. Kelainan Postur Tubuh

Menggunakan smartphone berlama-lama dengan posisi badan tidak benar dapat mengakibatkan kelainan postur tubuh. Misalnya menggunakan smartphone sembari duduk dengan posisi tulang belakang terlalu membungkuk ke depan. Kelainan postur tubuh atau penyakit degeneratif ini biasanya banyak ditemui pada usia lanjut, sekitar 40 hingga 50 tahun ke atas.

5. Gangguan Pendengaran

Selain digunakan untuk bermain game, browsing, atau media sosial, smartphone juga digunakan untuk memutar musik dengan earphone. Mendengarkan musik menggunakan earphone dengan volume speaker terlalu tinggi bisa mengakibatkan pendengaran terganggu. Mendengarkan musik dengan volume kencang biasanya dilakukan saat mengendarai motor atau di tempat keramaian.

6. Mengganggu Tidur

Keasyikan browsing, media sosial, chatting, atau bermain game biasanya berlanjut hingga larut malam. Hal ini tentunya waktu untuk tidur dan istirahat menjadi berkurang. Suara “ting” dari notifikasi pesan masuk di ponsel juga bisa membuat kualitas tidur menjadi terganggu. Kurangnya istirahat secara terus-menerus dapat membuat ketahanan tubuh menjadi berkurang, akhirnya gampang terserang penyakit. Untuk itu, matikan smartphone saat menjelang tidur agar dapat istirahat dengan tenang.

7. Mengurangi Produktivitas

Selain untuk komunikasi, smartphone sejatinya dapat menunjang produktivitas penggunanya dalam kehidupan sehari-hari, seperti menerima dan membalas email, browsing internet, membuat dokumen tulisan, dan lain sebagainya. Namun lain halnya jika smartphone hanya digunakan untuk media sosial (Facebook, Twitter, Path, Instagram, dll) dan bermain game. Apalagi jika bermain game hingga lupa waktu seperti bermain Clash of Clans misalnya. Bisa dipastikan produktivitas kamu bisa berkurang karena tidak sempat lagi mengerjakan hal lain yang lebih produktif.

8. Merusak Otak

Sejauh ini memang dampak buruk dari radiasi ponsel terhadap kesehatan tubuh masih menjadi kontroversi. Namun beberapa penelitian mengatakan bahwa radiasi ponsel dapat memicu tumbuhnya tumor otak dan penyakit insomnia. Yang paling banyak dialami saat ini adalah menatap ponsel berlama-lama dapat menyebabkan rasa mual dan sakit kepala

9. Menimbulkan Kecanduan

Berkat perkembangan teknologi terus meningkat membuat smartphone dapat melakukan banyak fungsi. Kamu dapat dengan mudah menerima dan membalas e-mail, chatting, berselancar di internet, menonton video, mendengarkan musik, bermain game, atau berinteraksi di media sosial. Kemudahan-kemudahan ini disinyalir dapat menimbulkan kecanduan sehingga hampir setiap menit kita bisa mengecek ponsel apakah ada pesan masuk atau tidak. Penelitian yang dilakukan tim dari Rutgers University menyebutkan, untuk menyembuhkan pecandu smartphone, terapi yang digunakan sama seperti terapi untuk pecandu narkoba.

10. Susah Tidur

Layar smartphone cenderung mengeluarkan cahaya biru, entah benar atau tidak warna biru tersebut diduga dapat mengganggu hormon manusia untuk tidur. Mengurangi kecerahan layar smartphone saat menggunakannya di malam hari bisa jadi mengurang resiko susah tidur kamu.

11. Kurang Peduli Terhadap Lingkungan Sekitar

Pada saat menggunakan smartphone, biasanya hampir seluruh konsentrasi pikiran kita tertuju pada smartphone dan tanpa memedulikan keaadaan sekitar. Parahnya lagi, banyak orang yang menggunakan smartphone pada saat mengendarai mobil atau motor, saat menyebrang jalan, atau menaiki eskalator yang dapat menimbulkan bahaya terhadap pengguna smartphone ini sendiri.

Artikel ini telah terbit dengan judul 11 Daftar Penyakit Mengerikan Akibat Terlalu Lama Menggunakan Smartphone dalam laman Jalantikus.com, (24/05/2017).

Tinggalkan Komentar