Pemerintah Optimis Petumbuhan Ekonomi 5,2% di Akhir Tahun 2018

Jakarta, PANRITA.News – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi triwulan III-2018 hanya 5,17%. Namun, Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution masih yakin pertumbuhan ekonomi sampai akhir tahun mencapai 5,2%.

Hal itu diungkapkan Darmin, saat ditemui oleh wartawan di Kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta. Ia menganggap pertumbuhan ekonomi Indonesia relatif baik.

“Pertumbuhan kita tetap relatif baik ya, 5,17% ya, syukur-syukur sampai akhir tahun bisa sekitar 5,2% itu,” katanya dalam detik.com, Selasa (6/11/2018).

Darmin menilai, Indonesia masih mampu mempertahankan pertumbuhan ekonomi sekitar 5,17% di tengah kondisi perekonomian dunia yang kurang bagus.

Kondisi tersebut masih memberi optimisme pada pemerintah. Pasalnya saat ini kondisi dunia penuh tekanan, mulai dari perang dagang, hingga normalisasi kebijakan Amerika Serikat (AS) yang berimbas ke negara lain.

“Pertumbuhan 5,17% itu ya apa, bagi saya itu dia menjadi penting karena dalam situasi tekanan global ya, perang dagang, normalisasi kebijakan di AS, crude oil yang harganya naik, kita tetap bisa mempertahankan pertumbuhan kita,” tambahnya.

Meski demikian, Darmin mengakui memang masih ada kekurangan yang harus diperbaiki oleh Indonesia. Hal itu terkait neraca perdagangan Indonesia yang belum begitu bagus. Pasalnya impor masih lebih kuat dibandingkan ekspor.

“Itu (pertumbuhan ekonomi 5,17%) menurut saya sesuatu yang patut untuk digarisbawahi. Bahwa ada kekurangannya ada nggak? ada tentu,” imbuhnya.

Tinggalkan Komentar